TUTORIAL : MAKEUP UNTUK WISUDA

May 15, 2016

Akhirnya sempet juga aku bikin makeup tutorial buat graduation/wisuda. Bentar lagi aku diwisuda nich :3 Bentar lagi jadi anak kuliah dongs. Doakan semoga semuanya lancar yaa nggak dipersulit cari universitasnya :) Buat yang bentar lagi graduation dan mau makeup sendiri tapi bingung mau makeup gimana, mending baca tutorialku. Atau yang mau makeup di salon tapi takut makeupnya nggak cocok, bisa banget menjadikan look ini sebagai contoh xD Yuk langsung aja baca selanjutnya!

1. Pertama-tama aku mulai dengan muka yang bersih dulu, aku udah pake toner dan petroleum jelly buat jadi lip balm.

Kemudian aku pake pelembab dari Wardah. Ini yang Wardah Hydrating Aloe Vera Gel. Aku nggak pake sunscreen karena sunscreen ku agak bikin oily.


2. Setelah pelembabnya meresap, aku lanjutin pake Foundation. Aku pake Wardah Luminous Liquid Foundation yang shade nomer 03 Beige. Ini warnanya match sama warna kulitku jadi nggak bikin mukaku tambah putih yang lebay gitu


Pakenya ditotol-totol di muka, kemudian diratain deh. Aku ngeratainnya pake sponge yang lembab udah kena air sedikit. Bisa juga pake foundation brush sih tapi karena foundation brush ku udah mau rusak, jadi aku pake sponge aja


3. For extra coverage dan sekaligus nge highlight, aku pake Wardah Creamy Foundation Extra Cover shade no 01 Sheer Pink. Shade ini lebih terang dari skintone aku. Aku punya dark circle cukup gelap soalnya makanya butuh ditutupin.


Aku pake di bagian-bagian yang butuh di highlight seperti di bawah mata, hidung, dagu,dan tengah jidat. Lalu aku blend pake sponge lembab. Foundation ini agak seret waktu diblend btw dan cepet kering, jadi harus cepet-cepet diblend. Tapi untuk coverage lumayan bagus kok

Dipake di bagian yang butuh di highlight

Blend blend blend~
4. Buat event besar, nggak mungkin nggak pake contour. Karena aku nggak punya contour powder/cream, aku pake eyeshadow warna ashy brown. Ini coklat keabuan dan nggak ada hint merah sama sekali. Nggak tau pallete apaan ini karena brand nya nggak jelas gitu. Aku pake warna yang aku tandain X

Aku contour idung aku biar lebih keliatan kecil xD

Aku juga ngecontour pipiku biar lebih berdimensi gitu mukanya. Caranya aku kayak manyun gitu, lalu ngecontour dimulai dari tulang pipi yang sejajar dengan telinga bagian atas


Setelah dicontour :3
5. Next, eyebrow. Bisa diliat sendiri di foto-foto atas kalo alisku berantakan. Langsung aja aku liatin bare eyebrow dan pas udah jadi. Buat yang mau tau gimana cara bikin alis, aku pernah bikin eyebrow routine, bisa diklik di sini
Sebelum ngalis

Sesudah ngalis cuy
6. Eyeshadowww! Aku pake eyeshadow Inez yang shade 05 Venice. Ini pernah aku review di sini tapi belum pernah bikin EOTD. Makanya sekarang aku bikin :3

Aku tandain warnanya pake nomer-nomer ya

Aku jelasin ya step by step nya
  1. Belum pake apa-apa
  2. Seharusnya pake eye primer, tapi karena aku nggak punya, aku pake foundation cream nya Wardah. Sama aja kok fungsi dan cara pakenya
  3. Foundation yang udah ada diblend sampe rata deh
  4. Ambil warna 1 (Merah Tembaga) dari eyeshadow, Lalu baurkan di bagian tengah mata. Aku pakenya ditap-tap gitu sih biar nggak nyerbuk banget
  5. Ambil warna 4 (Coklat tua), dan dipakai di ujung luar mata (outer v). Jangan lupa diblend sama yang merah tadi ya
  6. Ambil warna 2 (Champagne), dipakai di bagian depan mata/ bagian yang belum terkena eyeshadow
  7. Pake eyeliner biar matanya keliatan ebih lebar. Aku bikin sedikit wing di ujungnya. Aku bikin eyelinernya agak berantakan maapin ya-_-
  8. Ambil warna 2 (Champagne) sedikittt aja lalu dipakai di sudut dalam mata/tear duct. Warna ini bikin mata keliatan lebih kebuka gitu
  9. Ambil warna 4 (Coklat tua) dan dipakai di bagian bawah mata, biar eyeshadownya seimbang gitu. Kalo suka, bisa ditambah fake lashes, tapi di foto ini aku nggak pake fake lashes, and you're done for the eyes :3
7. Aku mau ngeset semuanya biar makeupnya lebih awet, tapi aku pake teknik bake. Caranya, pake translucent powder (aku pake baby powder, it works the same) Terus aku apply agak tebel pake sponge di bagian-bagian yang tadi aku pakein highlight (tapi jangan tebel2 banget yang lebay gitu ya)

Terus aku diemin 15 detik an gitu, baru deh diratain sisa-sisanya pake powder brush. Pake teknik bake ini sekaligus menghighlight dan ngeset makeup jadi lebih matte.

8. Blush on. Mukaku keliatan pucet kalo nggak pake blush on. Sebelum pake blush on, aku pake liptint dari The Face Shop sebagai base biar blush on nya lebih awet. Pakenya sedikitt banget


Setelah liptintnya ngeblend, baru deh aku pake blush on beneran. Ini aku pake blush on Mirabella. Warnanya cantik :3 Pakenya jangan banyak-banyak. Kalo kebanyakan ntar kayak abis ditampar..


9. Last, lipstick!! Karena aku merasa makeup mata ku udah heboh, jadi aku pake lipstick yang warnanya kalem. Tadi di awal aku sudah pakai lip balm, terus ini lipbalm nya aku lap dulu sisa-sisanya, baru pake lipstick. Aku pake Wardah Long Lasting Lipstick shade 03 Simply Brown. Namanya brown, tapi di aku jadi pink kalem gitu xD Cantik banget warnanya aku suka :3


And you're ready to graduation!! ;3
Kalian sadar nggak kalo makeup yang aku pake tuh simple-simple banget. Agak nggak modal sih masa nge contour pake eyeshadow, ngeset makeup pake baby powder, nge highlight dan conceal dark circle pake foundation. Tapi selama masih ada yang multifungsi kenapa engga xD kan biar irit gitu. Dan di mata sebelah kiri, aku lupa nggak pake foundation as a primer *dodol. Tapi gapapa hasilnya beti-beti doang xD

Jadi ini perbandingan bare face dan muka setelah makeup-an..


Bonus selfie-selfie ya saya narsis soalnya xD

Akhir kata, itu dia makeup tutorial dari aku, semoga bermanfaat ya. Produk yang aku pake affordable semua kok. Dan jangan lupa setelah makeupan, jangan males untuk bersihin makeupnya yaa. Sampai jumpa di post selanjutnya :) Byebyeee!!

Note : I know that i went a bit too far for my eyeshadow, but it's okay coz it's still looks good xD
Love,
Arda Kania

You Might Also Like

27 comments

  1. Cantik hasilnyaaa x) Btw aku ga kepikiran pakai creamy foundationnya wardah sebagai cream concealer hahaha. Sepertinya bisa dicoba utk ganti concealerku yang sudah mau habis hihihi :D

    magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kakk :D wkwkw iya dicoba aja kak. Aku mah itu multifungsi bisa dijadiin highlight dan concealer juga xD thanks udh mampir ka^^

      Delete
  2. aaaaaa canciii.. jadi pengen foundienya. bikin cekey gak tuh foundienya?

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liquid foundationnya nggak bikin cakey sih. Tapi kalo yang cream kalo pakenya kebanyakan bakal cakey krn dia berat di muka gituuu~

      Delete
  3. Wah Arda congrats ya, mau jadi anak kuliahan nih :DD
    Suka banget makeup-nya simple, natural dan cocok buat umur kamu. Keliatan cantik dan fresh!

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakaa. Wah aku dipuji sama senior xD

      Delete
  4. Hasilnya cantiiik, sukak :D

    Regards,
    a-cupofrain.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Fungsi contour sendiri apa kak? Dan contour itu lumrahnya pakai apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contour fungsinya buat memberi ilusi bayangan di muka. Jadi hidung keliatan lebih mancung/lebih kecil, pipi lebih tirus, dagu lebih ramping gituu. Seharusnya contour sih pake contour powder/cream. Tapi berhubung aku nggak punya, jadi aku pake eyeshadow yang warnanya mirip-mirip sama warna contour asli. Semoga membantu ya, Inta, hehe^^

      Delete
  6. waa, udah pinter makeup sendiri nih, Arda #eeaaa... Sukak eye make-up nya, say^^

    kindly check postingan baru ku ya dan silahkan komen^^
    http://saycintya.blogspot.co.id/2016/05/skincare-review-must-try-and-youll.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sambil belajar sambil praktek sih ini kak xD Hihi thank youuu<3

      Delete
  7. wiih, aku juga dulu waktu wisuda kuliah pake foundation wardah yang sheer pink. (reviewnya di http://beautyandstory.blogspot.com/2015/04/review-wardah-luminous-creamy.html)
    foundie yang itu emang bikin cakey sih kalo dipake ketebelan, haha.

    btw aku suka warna lipstiknya! seger tapi ga lebay, jadi teracuni deh >.<

    beautyandstory.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak coba lipsticknya haha >< Btw aku abis baca post reviewnya.. ternyata sama2 make foundie ini buat concealer dan base eyeshadow xD *irit
      Makasih udah berkunjung^^

      Delete
  8. tutorial hijabnya untuk wisuda kak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku mah nggak bisa kerudungan yg dimodel2 gituu. Wisuda aku cuma pake kerudung kayak di atas loh kerudung segi 4 biasa ga dimodel2 wkwk maaf ya><

      Delete
    2. hehe iyaa kak :3
      kaka, betewe cara ngilangin judul di blog gimana ya??

      Delete
    3. Cara ngilangin judul blog? Nggak diilangin itu mah punyaku.. Tinggal di pengaturan dibikin posisinya di belakang gambar aja jadi nggak keliatan :D

      Delete
  9. hello,
    amaizing post and blog my blogger friends...
    ı am following you on gfc...
    if you want follow me back , please visit my blog
    soslubadem.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. simpel, cantik, suka sama shading hidungnya, aku wisuda selalu pake MUA >.< Borosss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi makasih mbak. Gapapa pake MUA soalnya hasilnya worth it kok kan kalo MUA makeupnya bagus2 ><

      Delete
  11. Keren sist, tutorial simple tapi sangat layak untuk diterapkan.

    Tapi kadang2 ada yang males makeup sendiri karena gak PD atau semacamnya :)

    Jasa Makeup Wisuda Pengantin Penganten Nikah Pre Wedding Jakarta Bekasi Bogor Bandung Depok Tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kadang suka nggak pede gitu. ini pun awalnya aku ragu-ragu. tapi yaudalah percaya akan kemampuan sendiri aja xD Makasih udah mampir yaa :)

      Delete
  12. Waaahhh... nemu juga referensi buat make up sendri,, q bntar lagi wisudaan tapi g bisa make up.. kmrn q udah beli liquid foundation sm bedak two way cakenya wardah buat belajar" sndiri.. tutorial yg ini mungkin bisa dicoba kali yahh..:D pake MUA mehoong cinn.. .

    ReplyDelete
  13. jadi pingin nyobain , izin share ya

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare