CARAKU MEMBERSIHKAN TOOLS MAKEUP | COLLAB BVLOGGERSJATENG

March 22, 2019

cara membersihkan alat makeup

Hai semuanyaaa. Welcome back to Arda's blog. Aku udah lama pengen sharing ke temen-temen tentang caraku membersihkan tools makeup, kebetulan pas ada moment collab bareng BVloggersJateng temanya "Tools Makeup" jadi aku sekalian bikin tulisan ini. Bersihin tools makeup itu penting loh gengs. Kotoran dan sisa makeup yang numpuk di tools makeup itu udah pasti kotor, kalau kita pakai tools yang kotor itu artinya kita mindahin kotoran ke wajah. Hal kayak gini nih kadang terlupakan, padahal kalau wajah kotor itu bisa mengundang jerawat dan berbagai masalah di kulit.

Oke mari kita mulai ke cara membersihkan tools makeup versi Arda. Di sini aku punya brush dan sponge yang kotor banget karena udah seminggu an dipakai.

cara membersihkan alat makeup

Dari sekian cara yang udah pernah aku coba, menurutku cara ini paling works di aku. Temen-temen boleh loh sharing gimana biasanya bersihin tools makeup kalian :D

HAL YANG DIBUTUHKAN

cara membersihkan alat makeup

Gak ribet dan aneh-aneh, di sini aku cuma pake shampoo biasa yang ku pake buat keramas, sama baby oilnya Johnson's Baby. Di sini aku juga pake brush egg buat memudahkan aja, kalau misal temen-temen nggak punya, bisa diakalin pakai telapak tangan.

Aku akan mulai dari cara membersihkan brush dulu.

MEMBERSIHKAN BRUSH

STEP 1 - BASAHI BRUSH

cara membersihkan alat makeup

Pertama, basahi brush yang udah kotor di air yang mengalir. Kalo aku sih langsung ku basahin pake keran aja biar cepet.

STEP 2 - SIAPKAN PEMBERSIH BRUSH

cara membersihkan alat makeup

Di sini aku tuang shampoo secukupnya ke brush egg dan aku tambahin beberapa tetes baby oil. Fungsinya apa? Biar kotorannya lebih mudah keangkat. Kalau cuma pakai shampoo kadang stainnya tuh masih ada, makanya harus ditambah baby oil. Untuk baby oilnya aku kira-kira pakai sekitar 5 tetes.

STEP 3 - BERSIHKAN BRUSH DI BRUSH EGG

cara membersihkan alat makeup

cara membersihkan alat makeup

Untuk step ini tinggal puter-puterin aja brush nya di brush egg sampai kotoran dan sisa makeupnya luntur, terus tinggal dibilas deh pake air. Kalau temen-temen nggak punya brush egg, bisa diakalin dengan cara digosok di telapak tangan ya.

cara membersihkan alat makeup

Jangan lupa dikeringkan ya gais biar brushnya nggak lembab. Caraku ngeringin brush cukup dialasin pake handuk dan ditaro di deket jendela biar kena angin dan cepet kering.

Next aku mau kasi liat gimana kalau bersihin sponge makeup.

MEMBERSIHKAN SPONGE

STEP 1 - SIAPIN AIR

cara membersihkan alat makeup

Gausah banyak-banyak ntar mubadzir, secukupnya aja.

STEP 2 - TAMBAHKAN SHAMPOO DAN BABY OIL

cara membersihkan alat makeup

Again, seberapa banyak shampoo dan baby oilnya cukup dikira-kira aja. Nah kedua campuran ini dikocok biar nyatu dan berbusa.

STEP 3 - RENDAM SPONGE MAKEUP

cara membersihkan alat makeup

cara membersihkan alat makeup

Aku rendam spongenya dan ku diemin sampai sebagian besar air menyerap di sponge. Fungsinya biar si cairan pembersihnya ini menyerap sampai ke bagian dalam sponge jadi bersihnya juga sampai ke dalem-dalemnya.

STEP 4 - PERAS DAN BERSIHKAN SPONGE

cara membersihkan alat makeup

Selanjutnya tinggal diperas dan dibersihkan pakai air mengalir yang masih bersih yaa. Ett tapi biasanya caraku bersihin sponge belum berhenti di sini. Sponge makeup lebih banyak dipakai untuk mengaplikasikan produk jenis cream kan ya, biasanya stain atau nodanya itu masih ada dan susah hilangnya. Mari kita ke step selanjutnya

STEP 5 - MEMBERSIHKAN NODA/STAIN

cara membersihkan alat makeup

cara membersihkan alat makeup

Cara untuk membersihkan noda atau stain itu gampang kok gais. Cuma perlu tetesin baby oil ke bagian yang ada nodanya, terus langsung diperas  sambil agak ditekan sampai stain nya ilang.

cara membersihkan alat makeup

Nah itu dia penampakan sponge makeupku sebelum dan sesudah dibersihkan, beda banget kan wkwkw. Inget ya kita harus bersihin tools makeup kita at least seminggu sekali. Nggak mau kan kulit jadi jerawatan gara-gara males bersihin tools makeup? Yuk jaga kebersihan tools makeup kita.

Oh iya, jangan lupa cek postingan collab temen2 yang lain yaa. 

Oke sekian dulu postingan kali ini. Sampai ketemu di postingan selanjutnyaa!


Love,

Arda K.

You Might Also Like

14 comments

  1. Wah sangat bermanfaat utk aku dan yg lain biar tools makeup kita ttep higienis 😊

    ReplyDelete
  2. Serius ini sangat bermanfaat beb. Jadi pake baby oil ya... Aku pake shampo aja noda di sponge g ilang, pantesaaannnn..... Bakal aku coba. Thanks tipsnya ya....

    ReplyDelete
  3. Emang penting banget buat bersihin tools makeup biar ga jerawatan, nice tips bersihin paket sampo 😍

    ReplyDelete
  4. bermanfaat kak. kdang aku suka pakai shampoo anakku untuk bersihin brush makeup😂

    ReplyDelete
  5. Pas banget nih.. tapi baby oil bisa digantikan dengan oil2lain kan ya

    ReplyDelete
  6. bermanfaat banget nih beb. bisa juga pake shampoo bayi loh hehe

    ReplyDelete
  7. Wah...nice tips ini jadi lebih mudah kalo mau bersihin tools makeup.

    Btw biasanya untuk bersihin makeup tools kek gini aku lebih suka pake sunlight ketimbang shampoo kek brasa lebih bersih aja gitu hehehe...

    ReplyDelete
  8. Membantu banget nih postingannya kak. Kebersihan beauty tools emang penting bgt ya, kadang suka mager juga bersihinnya hehe
    Thank you kak tutorial nya

    ReplyDelete
  9. Artikel INI sangat bermanfaat , sehabis membaca INI Aku akan mencobanya

    ReplyDelete
  10. wah bermanfaat banget nih tipsnya buat yang ga tauuu. kalo aku sponge juga di sikat kyk brush haha

    ReplyDelete
  11. kalo aku selalu pakai shampoo bayi. belum pernah coba pakai tools khusus buat bersihin alat makeup..

    ReplyDelete
  12. Aku biasa bersihin brush dan sponge dengan sabun muka yang gak cocok di aku :D

    ReplyDelete
  13. Wah nice tips, bru tau baby oil bs buat bersihin alat makeup 😍bs dicoba

    ReplyDelete
  14. Cara bersihin spongenya membuatku terinspirasi, bener bener deep cleansing😍

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare