TUTORIAL : 3 Minute "No Makeup" Makeup for School

January 17, 2016


Hai semuanyaaa. Kali ini aku akan menulis sebuah tips tentang gimana caranya menyiapkan muka kalian sebelum sekolah. Siapa yang pengen berangkat sekolah dengan muka segar fresh dan merona angkat tangannya?! Pastinya semua cewe pengen dong.

Ga mungkin banget kalian bangun tidur mukanya langsung fresh cantik seger gitu kecuali kalian Kiko Mizuhara. Pasti muka kalian pucat atau malah kusem nggak enak dilihat. Nah untuk mengatasi kekurangan kalian tersebut maka tersedialah sebuah benda amazing bernama makeup. Gimana sih caranya biar muka nggak kusam kucel atau pucat sebelum berangkat sekolah, tapi nggak butuh terlalu banyak effort yang makan waktu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, aku bikin post judulnya "3 minute 'no makeup' makeup for school". Apasih no makeup makeup itu? No makeup makeup itu adalah makeup yang kita pakai.. tapi hasilnya nggak menor. Tujuannya menutupi kekurangan yang ada di wajah kita dengan effort seminimal mungkin dan tetep natural sehingga orang-orang  mengira kita nggak pakai makeup, padahal kita pakai makeup tapi tipis dan natural.

Jadi look ini sama sekali nggak keliatan menor kayak pake makeup tebel, waktunya singkat banget karena cuma 3 menit, terus look ini bisa bikin muka kalian gak kusem atau pucat deh. Makeup ini cocok buat remaja yang nggak suka makeup tebel. Ini super ringan gak kerasa berat di muka dan cuma pake sedikit produk loh. Gimana sih makeup nya? Baca tips di bawah ini ya :3
Sebelumnya aku menjelaskan tipe kulitku ya. Tipe kulitku mungkin bisa dibilang kombinasi. Wajahku ini gampang berminyak di T-zone (area dahi dan sekitar hidung). Tapi bagian pipi dan dekat lubang hidung itu kering sampe ngelupas gitu . Nggak sensitif dan tidak berjerawat. Oke lanjut ke makeup nya ya :3
Tips : Pastikan muka kalian bersih. Udah cuci muka. Percuma dong makeup an kalau mukanya belum bersih? Nah foto di bawah ini adalah fotoku setelah cuci muka. Masi keliatan kusam dan nggak fresh ya? Masih muka-muka bangun tidur banget.


Pertama yang harus banget kalian pakai adalah..

1. PELEMBAB/SUN BLOCK/SUNSCREEN/PRIMER

Loh kok macem-macem? Nggak.. pilih salah satu aja. Lebih baik pakai sunscreen sih buat base makeupnya. Karena kalian mau  ke sekolah jadi harus pakai produk yang mengandung SPF. Tapi aku nggak pakai sunscreen maupun sunblock sih.
Aku di sini pakai pelembab. Pelembabnya aku pakai Wardah Hydrating Aloe Vera gel. Ini juga bisa berfungsi sebagai primer makeup biar makeupnya lebih awet dan tahan lama. Udah pernah aku review di sini.
Produknya dikeluarin sedikit lalu diratakan di seluruh muka. Tunggu sebentar sampai meresap di kulit biar nggak meninggalkan kesan lengket dan berminyak.



[[Baca juga : Review Skin Aqua UV SPF 30]]

 Produk selanjutnya yang aku pakai adalah..

2. BB CREAM

Selanjutnya kalian bisa pakai BB Cream untuk meratakan warna kulit kalian.

TIPS : Pakailah BB Cream yang warnanya sama kayak warna kulit kamu atau setingkat lebih cerah. Biar nggak keliatan kayak pakai topeng. Pakainya jangan banyak-banyak ya, tipis aja.
Aku pakai BB Cream dari GARNIER. BB cream ini udah mengandung SPF 21 dan PA ++ serta hasil akhirnya matte, jadi cukup bisa menahan minyak di muka biar muka nggak gampang berminyak yang bikin kusam.

[[Baca juga : Review Garnier BB Cream vs Wardah BB Cream]]

Pakainya sedikit aja
 BB Creamnya ditotol-totol di muka abis itu diratain aja deh. Aku lebih suka meratakan bb cream pake foundation brush daripada pake jari. Karena kalo pake jari itu agak seret gitu.
TIPS : Untuk meratakan bb cream di daerah bawah mata, ditap-tap ya pakai jari manis, jangan diusap atau diusek-usek pake tangan gitu. BB Cream di daerah bawah mata kita pakai sebagai pengganti concealer, yaitu untuk mengurangi lingkar hitam  kayak panda :3


3. BLUSH ON (Opsional)

Kok blush on? MENURUTKU sih kunci dari muka terlihat segar, fresh, merona dan tidak pucat itu ya pake blush on. Ini opsional tapi bagiku cukup penting. Berhubung aku nggak punya blush on, selama ini aku pakai lipstick sebagai cream Blush gitu. Kalo kalian punya blush on ya silakan pakai blush. Tapi di sini aku nunjukkin caraku sendiri yaitu pake lipstick XD Lipstick yang aku jadikan blush on itu lipstick Silkygirl yang Moisture Rich Lipcolor Shade 18 Appealing. Ini juga pernah aku review di sini


TIPS : Pakai blush on yang warnanya SELAIN warna tua. Pakai yang warnanya kalem atau soft. Kayak peach, orange, atau warna coral kayak yang aku pakai. Pokoknya jangan pakai yang warna pink tua, fuschia, merah, atau warna-warna yang cenderung kuat gitu deh karena bukannya bikin muka kalian merona, tapi malah bikin kayak abis ditampar.


Coba kalian senyum. Pasti ada bagian yang menonjol di pipi kalian kan? Itu namanya 'apple of my cheek', nggak tau bahasa Indonesia-nya apa. Nah bagian itulah yang dikasi blush on. Dipakenya sedikit aja lalu diratakan mengikuti tulang pipi yaitu ke arah telinga yang bagian atas.

4. BEDAK

Nah untuk nge-set semua makeup di muka biar nggak gampang luntur dan nggak gampang berminyak, kita butuh yang namanya bedak. Mau bedak apapun gapapa kalo kalian masih pemula. Aku pakainya BB Brightening 2 Way Foundation dari Silkygirl yang pernah aku review di sini


Diaplikasikan nya bisa menggunakan puff atau sponge dari bedak itu, bisa juga pake brush. Aku pake brush yang tadi aku pake buat bb cream.. dengan alasan kalo pake brush hasilnya lebih ringan dan natural.

TIPS : Untuk mengontrol minyak, lebih baik menggunakan bedak yang berbentuk tabur atau Loose Powder daripada bedak padat atau Compact Powder
Hasil baca-baca review sih katanya Etude House Zero Sebum Powder nahan minyaknya juara sih. Ntar kalo udah aku beli bakal aku review di blog ini kok buat membuktikan apakah bener-bener nahan minyak atau nggak.
Pake bedaknya juga jangan banyak-banyak kan cuma buat nge-set semuanya aja. Terutama di bagian under eye gitu dan bagian T-Zone yang gampang banget berminyaknya.

5. LIP TINT/ TINTED LIP BALM


Udah seger nih mukanya udah cakep udah pake bb cream, bedak, dan blush on. Ehh tapi bibirnya kering pecah-pecah dan pucet. Aduh nggak banget deh. Untuk mengatasi bibir kalian yang kering pecah-pecah dan pucat, kalian butuh yang namanya lip tint atau tinted lip balm. Kalo bibir kalian nggak kering sih sah-sah aja cuma pake lip tint. Tapi kalo bibir kalian kering, harus banget wajib hukumnya pake lip balm. Kalo bisa sih pakai lip balm yang berwarna ya biar bibirnya sedikit berwarna dan nggak pucat.

Bibirku cukup pucat kalo nggak dipakein apa-apa. Keliatan kayak orang sakit. Akhirnya aku pakai lip tint bikinanku sendiri, abis itu ditimpa sama Maybelline Baby Lips Color yang shade Cherry Kiss sebagai perlindungan aja biar nggak gampang kering. Maybelline Baby Lips Color pernah aku review di sini

Foto di bawah ini yang sebelah kiri baik yang atas atau bawah itu keadaan bibirku tanpa memakai produk apapun alias bare lips. Di sebelah kanan atas, aku pakein lip tint. Caranya bikin beberapa titik-titik gitu lalu diratain aja deh di bibir pake jari. Atau nggak ya diolesin tipis di bibir bagian atas lalu mulutnya ditempel-tempelin gitu loh biar bibir bagian bawahnya kena juga. Pakainya tipis-tipis aja biar keliatannya natural. Di foto bagian kanan bawah adalah gambar setelah liptint nya rata dan atasnya aku timpa Maybelline Baby Lips Color.


Beda banget kan? Yang sebelah kiri pucat banget, yang sebelah kanan bibirku sudah berwarna. Bibir yang cerah gini mengubah penampilan banget loh yang tadinya pucat jadi seger. Jadi tinted lip balm is a must :3

6. ALIS

Kalo alis kalian botak dan mau coba-coba ngisi alis tapi nggak pengen keliatan menor atau keliatan kayak shinchan, kamu bisa pakai mascara yang udah kering. Aku kadang pake ini juga kalo ke sekolah. Yang aku pake itu mascara dari Ranee. Aku beli ini harganya waktu itu cuma IDR 25000 kalo nggak salah. Murah banget.


DANN TARAAA INILAH HASIL AKHIR MUKAKU setelah pakai semua makeup yang aku sebut di atas.

Alisnya nggak rapi karena kalo misal aku pake pensil alis, bakal  keliatan banget. Nggak jadi 'no makeup' makeup dong? ;P Makeup ini sangat sederhana dan waktunya sangat singkat karena cuma 3 menit aja loh girls.

Tapi berhasil bikin muka keliatan lebih cerah, fresh, dan enak dilihat. Nggak percaya? Masi menganggap ini menor? Coba liat foto perbandingannya di bawah ini :3


Sebelah kiri itu mukaku tanpa pakai produk apa-apa karena baru cuci muka. Yang sebelah kanan itu setelah pakai " 'no makeup' " makeup.
Keliatan kan bedanya kalo yang kanan itu mukaku jauh lebih cerah merona dan nggak kusam? Beda banget sama yang sebelah kiri. Hehehe.
Bonus selfie narsis ku ya.


Nah kalo muka udah lebih cerah kan juga lebih bersemangat menjalani hari di sekolah. :3
Oke segitu dulu post dari aku tentang makeup untuk ke sekolah.  Sebenernya nggak cuma ke sekolah aja sih. Kalian bisa pakai makeup kayak gini buat jalan-jalan atau main sama temen juga. Karena makeup ini ringan, jadi cocok buat sehari-hari.
Semoga bermanfaat dan semoga kalian suka :D Kalo ada yang masih nggak jelas, bisa ditanyakan di box komentar di bawah.. Atau kalo kalian malu-malu, silakan ask aku di askfm ku bisa diklik di sini
Segitu aja dari aku, terimakasih sudah membaca.
Byebyeee sampai jumpa di post selanjutnya! :D

You Might Also Like

22 comments

  1. Nah itu blush onnya pake lipsti mbak? Hmm (?)

    ReplyDelete
  2. Nah itu blush onnya pake lipsti mbak? Hmm (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sehari-hari sih berhubung aku belum punya blush on, blush on nya aku ganti pake lipsticknya dari Silkygirl yang Moisture Rich Lipcolor warna no.18. Tapi kalo misal udah punya blush on beneran yang warnanya kalem gitu mending pake blush on aja tipis-tipis drpd lipstick :)

      Delete
  3. cantik :)
    ngga terlalu keliatan pake makeup, tapi hasilnya fresh&natural. Nice posting :)

    ReplyDelete
  4. Nice tutorial, bs dipakai buat pemula juga ya. Kalau aku bikin 'no make up make up look' wajib banget tambah maskara sama eyeliner hitam tipis biar mata keliatan balance karena selalu pakai softlens hitam hehe

    http://elainecandra.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan emang targetnya anak sekolah biar nggak keliatan pucat/kusam gitu. Wahh, iya sih bakal keliatan bagus kalo pake softlens lalu ditambah mascara dan eyeliner tipis. Tapi kalo buat anak sekolah mah itu sedikit berlebihan ya._. Thanks for visiting :)

      Delete
  5. kakak pernah komedoan gak?
    Minta saran untuk ngilangin komedo dong ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, pernah. Skrg juga aku masih struggle ngilangin komedo :') kalo aku cuci muka pake clean@clear daily pore cleanser di bagian hidung aja sih biar komedo nya nggak makin numpuk :)

      Delete
  6. Jadi pengen nyoba bb creamnya garnier kayanya bagus nih hihi
    Niceeee post kak ^^

    ReplyDelete
  7. lip tint bikinan sendiri? wah, ko ga ada di label DIY ya? bikin dong~ tengkiu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang belum pernah aku bikin post nya, makanya ngga ada. Itu aku cuma nyampur air mineral+pewarna makanan warna merah aja haha irit banget.

      Delete
    2. Beneran cuma gitu doang??
      Tahan lama gk?

      Delete
    3. Lip tintnya beneran cuma gitu doang??
      Tahan lama gk??

      Delete
  8. Kak kalau setelah wudhu gimana? Kan pasti luntur tuh

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare