Short Review : Perjalanan Menemukan Sabun Muka

January 23, 2016


Haii semuanyaa^^ Sabun muka alias face wash merupakan hal yang penting banget. Karena kalo muka nggak dibersihin pake sabun muka, nggak kebayang ada berapa banyak kotoran yang udah menumpuk di wajah dan menyumbat pori yang akhirnya bisa bikin jerawatan dan komedo. Post aku kali ini hanya untuk berbagi cerita dan short review dengan pengalamanku mencoba berbagai sabun muka.

Kenapa coba banyak banget? Karena nggak cocok, dan karena aku gampang penasaran sama bentuk sabun muka yang beraneka ragam. Tipe mukaku itu kombinasi. Di T-zone (daerah jidat-hidung) itu gampang berminyak walaupun nggak banyak banget, lalu di beberapa bagian agak kering. Sebelumnya aku mau ngasi tau ya, semua foto yang ada di post ini itu hasil googling. Credit to google semua lah pokoknya. Kecuali di foto paling atas ini, aku edit sendiri wkwkwk jadi ga asal nyolong dari google aja. Oke mulai yang pertama

1. PIGEON FACIAL FOAM


Ini adalah sabun mukaku yang pertama banget. Waktu SMP kelas 3. Aku dapet sample doang sih lupa karena apa. Kesannya pake sabun muka ini tuh..lembut sih, busanya ga terlalu banyak. Wanginya kalem dan di muka nggak bikin perih atau panas gitu. Enaknya sih sabun muka ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit.
Aku udah agak lupa karena ini udah lama bangettt.
Overall ratingnya kira-kira 6/10 lah.

2. POND'S PURE WHITE


Begitu masuk SMA, aku sadar kulitku mulai bermasalah yaitu udah mulai berminyak dan kucel gitu. Aku tanya ke salah satu temanku, Vira, dia pakai sabun muka apa. Dia bilang pakai Pond's yang item. Abis itu besoknya aku cari di Indomaret. Ternyata Pond's Pure White namanya. Aku langsung beli sabun muka ini.

Sabun muka ini kayak ada butiran halusnya gitu.. fungsinya biar membersihkan pori-pori secara mendalam. Enak sih rasanya bersih banget gitu setelah cuci muka. Ternyata ga cuma bersih doang. Ada sedikit rasa keset dan ketarik gitu di muka. Sabun muka ini tuh busanya cukup banyak.. jadi mungkin itu yang bikin muka kerasa ketarik waktu abis cuci muka:( Tapi nggak parah amat kok rasa ketariknya itu. DAN beberapa hari kemudian setelah aku rutin pakai sabun muka ini.. mukaku jadi TAMBAH KUSAM dekil gitu deh hhh. Yaampun sebel ga sih cuci muka eh malah keliatan kusam :") Akhirnya aku tetep pake sampe abis karena mubazir kalo ga dipake. Walaupun mukaku beberapa hari itu terlihat sangat kusam dan dekil. Abis itu nggak pernah beli sabun muka ini lagi. Takut mukaku bakal kusam lagi. Nggak mau beli lagi pokoknya. Fix.
Rating : 5/10
Next..
.
.

3. CLEAN&CLEAR FRUIT ESSENTIALS FACIAL CLEANSER BRIGHTENING LEMON

Setelah aku pusing mukaku jadi kusam setelah pake sabun muka Pond's di atas, aku searching di google tentang sabun muka gitu. Akhirnya aku melirik Clean&Clear seri fruit essentials. Aku pilih yang lemon karena di situ ada iming-iming 'brightening' nya. Aku berpikir bahwa dengan kandungan lemon yang mencerahkan, bisa mengembalikan kecerahan kulitku biar nggak kusam gitu. Terus aku lihat di TV juga ada iklan sabun muka ini. Semakin mantap lah aku buat beli. Apalagi itu kayak ada beads nya gitu . 

Jadi aku ini korban iklan saudara-saudara. Setelah beli di Indomaret, aku coba pakai sabun muka ini. Teksturnya sedikit cair nggak kayak facial foam gitu. Wanginya seger wangi lemon, tapi agak mirip sabun cuci piring :") Busanya nggak begitu banyak. Wah cakep nih nggak bikin kering, begitu pikirku. Setelah percobaan pertama aku pake, waktu dibilas tuh sabun muka ini meninggalkan rasa licin gitu loh. Jadi nggak bisa sekali langsung bilas terasa bersih. Harus berkali-kali. Waktu kulit masih agak basah abis cuci muka gitu enak sih terasa halus. Tapi pas udah kering, YAAMPUN MUKAKU JADI SANGAT KERING DAN KETARIK BANGET.

Keringnya tuh yang sampe menimbulkan dry patches gitu. Di bagian hidung itu bikin kulitku ngelupas saking keringnya :"( Aku menyimpulkan ini adalah sabun muka ter-nggak cocok bagiku, mencerahkan nggak, bikin kulit mengelupas iya. Keringnya itu loh yaampun hhhh gabakal deh repurchase lagi. Aku pake sabun muka ini sampe sisa 1/4 nya. Nggak aku abisin karena aku ga cocok dan aku udah tertarik dengan sabun muka merk lain.
Rate : 3/10

[[ Baca juga : Skin Care Routine 2017]]

4. POND'S WHITE BEAUTY PINKISH WHITE LIGHTENING FACIAL FOAM

 Aku coba-coba produk Pond's lagi setelah sebelumnya kapok dengan sabun muka yang bikin kusam. Aku coba beli Pond's White Beauty Pinkish White Lightening Facial Foam. Alasannya? Karena sering liat sabun muka ini. Akhirnya kepengen beli dan nyobain. Produk POND'S emang murah-murah sih bagi pelajar sepertiku :3

Teksturnya kayak lotion gitu warna putih, wanginya kalem dan lembut. Diklaim bisa bikin wajah cerah putih merona gitu. Waktu digosok di tangan.. busanya cukup banyak tapi lembut gitu deh busanya. Setelah dipakai di muka, mukaku kerasa bersih dan segar. Ini adalah sabun muka pertama yang bikin aku merasa bersih tanpa bikin kering kesat dan muka ketarik. I love this product :3 Ga nyesel coba-coba deh. Aku udah repurchase produk ini sampe beberapa kali. Karena nyaman sekaliii hehe
Rate : 8/10

5. POND'S WHITE BEAUTY PEARL CLEANSING GEL

Aku masih belum puas dengan sabun muka POND'S yang sudah aku bahas di atas. Aku pun melihat TV dan liat iklan POND'S White Beauty PEARL CLEANSING GEL. Di iklan sih dikatakan bahwa sabun muka ini teksturnya gel sehingga menjaga kelembaban kulit serta ada pearl essence nya yang bisa mencerahkan kulit. Wah oke juga nih buat dicoba. Aku langsung beli dan coba.

Teksturnya gel berwarna bening.. Wanginya sebenernya nggak terlalu menyengat, tapi nggak segar (?) Pokoknya wanginya aku agak kurang suka. Busanya nggak terlalu banyak karena ini teksturnya gel. Waktu abis pake produk ini, hampir sama kayak Clean&Clear.. waktu dibilas masi kerasa licin jadi harus dibilas berkali-kali biar bersih dan nggak licin. Untungnya produk ini nggak bikin kulit kering sekering sabun muka Clean&Clear. Cukup bagus kok. Kekurangannya hanya wanginya yang aku gasuka, lalu masih sedikit bikin kulit kering. Tapi nggak aku repurchase lagi karena belum terlalu 'sreg'.
Rate : 6/10


6. WARDAH LIGHTENING GENTLE WASH


Perjalananku menemukan sabun muka yang pas pun masih berlanjut. Sejauh ini sabun muka favoritku masih POND'S White Beauty Pinkish White itu. Waktu dia udah abis, aku mau beli di Indomaret tapi stok nya lagi kosong. Akhirnya aku bingung nih mau beli yang apa buat sementara menggantikan sabun muka favoritku. Aku milih-milih tuh lama banget.. hingga akhirnya pilihanku jatuh pada WARDAH Lightening Gentle Wash. Alasanku memilih ini karena ada klaim 'lightening' serta ditulisnya gentle wash.. yang artinya sabun muka ini lembut di muka.

Teksturnya semi-gel gitu. Waktu dituang di telapak tangan, sabun muka ini licin dan gampang jatuh. OH IYA, sabun muka ini nggak gampang berbusa. Waktu aku usap-usap di tangan, karena saking licinnya sabun ini malah jatuh di lantai kamar mandi. Susah diratakan dan misah-misah gitu jadinya. Wanginya kalo menurutku sih kayak shampoo anak-anak, cukup menyengat untuk sebuah sabun muka. Wangi buah-buahan gitu yang manis dan agak segar. Setelah pakai sabun muka ini, mukaku jadi kerasa licin dan kurang bersih, Serta terasa kesat, sedikit panas juga di muka-__- Permasalahanku tiap pake sabun muka ya paling di antara itu. Nggak terlalu bikin kering sih. Poin positifnya dari produknya Wardah yaitu.. HALAL.
Overall rate untuk produk ini adalah 4/10

7. POND'S WHITE BEAUTY SUN DULLNESS REMOVE DAILY FACIAL SCRUB


Alasanku coba produk ini : gratisan karena aku dapet sample.. dan saat itu aku emang lagi butuh face scrub. Aku cuma pake produk ini setengah jam setelah pulang sekolah karena setelah pulang sekolah mukaku pasti kusam dan dekil karena kena polusi+sinar matahari. Kalo cuci muka saat mandi, aku tetep pake POND'S White Beauty Pinkish White. Kesan setelah pakai facial scrub ini yaitu bersih, segar, dan nggak licin. Pokoknya merasa benar-benar bersih gitu merasa semua kotoran terangkat. Sayangnya produk ini nggak mampu bersihin komedo sih. Aku suka produk ini :3 Tapi nggak aku repurchase karena eman-eman.. waktu itu udah pake sabun muka andalan soalnya.
Rate : 7/10


8. CLEAN&CLEAR DEEP ACTION DAILY PORE CLEANSER


Aku beli produk ini setelah liat Youtube nya Kak Abel Cantika yang skin care routine. Dia menyebut bahwa dia pake produk ini buat cuci muka daerah hidung doang yang berkomedo. Akhirnya aku beli sabun muka ini. Awalnya takut karena sebelumnya aku nggak cocok banget sama sabun muka clean&clear. Setelah mikir-mikir, aku akhirnya beli juga karena penasaran. Akhirnya aku pake produk ini cuma di hidung doang, sedangkan untuk bagian muka yang lain selain hidung aku pake POND'S White Beauty Pinkish White.

Wanginya enak, apel hijau gitu, seger deh. Scrubnya juga halus. Teksturnya pas, nggak terlalu creamy ataupun terlalu cair. Hasilnya? Komedo di hidung hilang sedikit, nggak sepenuhnya. Aku pernah pake produk ini buat cuci muka tiap mandi, akibatnya kulitnya jadi ngelupas lagi :)) Aku menyimpulkan bahwa produk ini nggak untuk dipakai tiap saat karena sangat bikin kering. Akhirnya aku pake produk ini cuma di bagian hidung pada malam hari, serta di seluruh muka pada siang hari atau setelah aku pake makeup.. biar bener-bener bersih gitu. So far cukup bagus sih. Bersih tapi nggak keset ketarik gitu. Walaupun emang bikin kering, tapi masih bisa ditoleransi karena keringnya gak parah. Biar nggak kering, caranya abis cuci muka pake ini, aku langsung pakein pelembab sih. Aku pake pelembab Wardah Hydrating Aloe Vera Gel yang udah pernah aku bahas di sini
Rate : 7.5/10

[[ Baca juga : Review Wardah Aloe Hydramild Moisturizer]]

9. PIXY FACIAL FOAM BRIGHTENING

Aku dapet produk ini dari goodie bag PIXY. Waktu itu mamaku ikut acara gitu dan dapet goodie bag yang kemudian salah satu isinya diserahkan ke aku. Yaitu PIXY Facial Foam Brightening. Yeah.. another produk untuk mencerahkan muka lagi :")
Karena aku saat dapet pixy ini aku masih pake sabun muka Pond's dan Clean&Clear.. Akhirnya aku cuma icip-icip sedikit pake sabun muka pixy. Teksturnya sedikit tebal gitu, berwarna putih susu dan ada sedikit butiran halusnya. Wanginya enak.. kalem dan lembut. Setelah dipake, mukaku kerasa bersih dan segar kayak abis pake Ponds White Beauty Pinkish White. Enak rasanya nyaman gitu nggak ketarik ataupun kesat. Sedikit kering tapi cuma sediikkiiittt banget. Masih bisa ditoleransi. Aku suka :3 Berhubung aku sudah punya sabun muka andalan, akhirnya pixy ini dipake sama adekku. Di kulit dia hasilnya bagus. Bersih, halus, lembab, dan mencerahkan beneran.
Overall, rate untuk produk ini adalah 7/10
.
Jadi begitulah ceritaku gonta-ganti produk demi menemukan sabun muka yang cocok. Untungnya kulitku nggak sensitif dan nggak gampang berjerawat, sehingga produk-produk yang pernah aku coba ini nggak menimbulkan jerawat di muka. Aku nggak pernah breakout yang sampe parah gitu.
Keadaan kulit terburukku yaitu hanya saat pakai sabun muka Clean&Clear Fruit Essentials Lemon sih. Sampe kering banget dan mengelupas. Abis itu baik-baik saja. Saran buat kalian yang bingung cari sabun muka, cari tau sabun muka yang sesuai dengan kulit kalian. Kalo kulit sensitif ya jangan pake produk yang mengandung banyak perfume, kalau kulit kering jangan pake yang banyak busanya, kalo kulit berminyak dan berjerawat sih hati-hati aja pilih produk yang cocok. Untuk kulit berjerawat juga sebaiknya hindari produk yang ada embel-embel lightening/whitening gitu sih.

Sekian dulu post aku kali ini. Semua yang aku tulis adalah pengalaman pribadiku. Aku tidak bertanggung jawab kalo kalian pake salah satu sabun muka yang menurutku bagus tapi ternyata di kalian bikin jerawatan/bermasalah. Aku bukan skin expert yang paham kulit beserta masalahnya. Banyak-banyak research aja biar nggak salah pilih produk.

Oke terimakasih sudah membaca dan semoga post aku kali ini bermanfaat. Sampai jumpa di post selanjutnya. Byebyee :D

You Might Also Like

41 comments

  1. gak cocok sama CnC ya? aku malah cocok banget sama CnC btw salam kenal :D



    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Yg fruit essentials ga cocok bgt bikin kering parahm tp yg deep action masih bisa ditoleransi asal ga dipakai tiap mandi. Wahh. Emang tipe muka orang beda2 ya :D kamu pake varian apa btw?

    ReplyDelete
  3. Selama ini aku cocoknya sama Biore deh untuk kategori drugstore facial foam, apalagi biore ini paling sering diskon di supermarket XDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah pake biore nih. Kalo mau coba-coba gitu takut nggak cocok karena selama ini selalu muka ketarik banget tiap beli facial wash >__< barang diskonan kan emang kesenengan cewe bgt ya kak karena lumayan bisa ngirit XD
      Thanks for stopping by yahh kak Merry^^

      Delete
  4. Wah, aku juga cocok tuh sama Ponds (yang Pinkish White). Pixy juga suka.
    Sabun muka pertamaku dulu CnC sih, tapi bukan yang seri fruits. Tapi ga pernah pakai lagi setelah itu karena jatuh cinta sama Ponds. Hihihi.

    Main-main ke blog aku ya kak.
    http://ayoberdandan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ponds yang pink ini udah holy grail kayaknya krn enak bgt di muka xD
      Oke siap meluncur ke blog kamu ya^^ terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  5. bagus juga mbak.. thank's infonya :))

    mbak, menurt mbak sabun yang untuk muka kering apa yaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi terimakasih sudah berkunjung :) wahh kalau merekomendasikan gitu takut salah sih aku >.< karena mukaku juga nggak kering. kayaknya himalaya bagus karena temanku ada yang pakai. Aku sendiri blm pernah coba sih. Maaf ya tdk membantu >.<

      Delete
    2. oh.. iya mbak gapapa :))
      terus bloging ya mbak.. goodluck snmptnnya!!

      Delete
  6. Hai kania! Seneng bangt bisa ketemu blogmu,akhirnya ketemu blogger yang seumuran dgn aku, pengalaman utk cari facial wash ini juga aku banget,tapi gk sebanyak kamu hihii. Thankyou for inspiring^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elvania, nice to meet you too! Emang jarang kayaknya temen blogger yang seumuran kayak aku, kebanyakan lebih tua hehehe
      Yup sama-sama^^

      Delete
  7. Kebetulan aku juga lagi cari sabun muka yang cocok buat kulit wajahku yang super sensitif ini. Udah pakai berbagai macam merk tapi belom pernah dapet yang cocok nih. Sekarang aku lagi coba pakai produk tersebut, semoga cocok deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari sabun muka yg cocok emg kadang susah si apalagi kalo kulitnya rewel'-'

      Delete
  8. Hallo, nice review! Aku juga pake Ponds yang pinkish white sejak SMP dan sempet ganti-ganti tapi akhirnya balik lagi ke Pond's. Aku juga cocok pake Pixy dan emang rasanya bersih banget, sayangnya stoknya sering kosong di indomaret deket rumah. Terus ganti ke Pond's item dan memang gak cocok banget! Pengen coba wardah, pond's gel, dan scrub tapi takut ga cocok jadi sampai sekarang masih bertahan deh dengan Pond's Pinkish White itu :) Eh ya, jangan lupa visit blog aku di trikcantik.net ya, thank you!

    ReplyDelete
  9. Baru beli yang pigeon nih...semoga baguss

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Apaan nih lagi nyari review sabun muka malah ketemu blogmuu:(((wkwk

    ReplyDelete
  12. nyari ponds white beauty yg natural yg warna ijo itu susah banget sekarang ,ponds sekarang kebanyakan rengkarnasi jadi bikin susah konsumen udah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa udah jarang liat ponds yang ijo

      Delete
    2. sama aku juga cocoknya sama ponds yg ijo ajaaa hiks sedih skrg susah bgt carinya

      Delete
  13. hahahah ini blog pengalaman kita sama ya sist, sering gonta ganti. tapi skrg lebih milih pakai ponds warna hijau walaupun hasilnya lumayan bagus menurut aku 😂

    ReplyDelete
  14. Aku pas pake ponds itu berasa jadi putih dan kering gitu. Aku ga terlalu suka. Sekarang aku pake cetaphil gentle cleanser. Itu ringan bgt, non comedogenic,dan bisa dipake semua jenis kulit.
    Main ke blog aku yu: http://womenwantedbyanitakasifah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. Kak klo Acnes gimana? Soalnya banyak yg recommended,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acnes di kulitku cocok kok. Yang creamy wash bagus. Tapi kembali lg ke tiap orang hasilnya beda2 yaa

      Delete
  16. Arda, tahu Himalaya Neem Face Fash? Kalo suka yang less SLS dan Paraben, kamu bisa pakai itu lho ^^


    Mind to check ma blog? Come and visit
    www.christinauntari.com
    ^^ thankyou ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm aku tau merk Himalaya sih kak, cuma sekarang udah seneng banget sama sabun mukanya Acnes jadi males ganti-ganti lagi wkwkwk

      Delete
  17. wah yang komentar cewek semua..


    saya tipikal co yang merawat wajah,, crita kamu mirip ama aku... Cari f.wash yang cocok ibarat jadi jodoh :)

    ReplyDelete
  18. Makasih mbk infonya ..........aq dulu juga pakai ponds....terus ngeblok mbak...

    ReplyDelete
  19. pond's busanya banyak aku suka yang jadi andalan pas SMA. tapi makin kesini makin sensitif sekarang cocoknya sama hada labo.

    asmirani-latang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ponds busanya banyak tapi masih lembut sih~~~

      Delete
  20. Kalau sabun cuci muka untuk adik aku yang usianya 11 tahun cocoknya pake facialwash apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 11 tahun kulitnya masih bagus ya, pake pigeon aja sih saranku yang lembut. atau nggak pake sabun bayi gituu

      Delete
  21. Ka, dah pernah make sabun bayi? Yang bagus merknya apa? Bingung nih antara Johnson sama Mitu hehe(aku jg mau pake)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru dibalas, aku nggak pernah coba sabun bayi. Tapi menurutku sabun bayi mah sama aja semuanya wkkw

      Delete
  22. kak klo kulit berminyak dan berjerawat kakak ada recomm gt gaak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggatau untuk kulit berjerawat, tapi aku berminyak pake acnes bagus, dan acnes juga produk2nya untuk kulit berminyak dan berjerawat.. tapi kembali lagi cocok2an yahh

      Delete
  23. Cuy ada beberapa yang sama loohh ><
    Sampai sekarang hayati belum menemukan sabun cuci muka yang jadi idola nih~
    Eh tapi akhir-akkhir ini lagi suka pakai skinfood bubble foam (udah diripieu di blog ku loh).

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare