CYOF 2016 : 2 Hari Penuh Motivasi

January 16, 2016

HAIII readers kembali lagi bersama aku Kania. Kali ini aku nggak akan bikin review makeup atau DIY gitu. Aku akan cerita tentang pengalaman sebagai anak kelas 12 yang mengikuti CYOF.  Jadi post ku kali ini bakal super panjang karena isinya cerita 2 hari CYOF.
Apa itu CYOF? CYOF merupakan kependekan dari Create Your Own Future. Acara ini diperuntukkan khusus kelas 12. Acaranya 2 hari yaitu hari Minggu dari jam 7 pagi sampai 9 malam dengan dresscode merah, dan hari Senin dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore dengan dresscode putih.
.
DAY 1
Jadi di hari Minggu  kita semua dateng ke gedung Amarta. Di undangannya jam 7 sudah mulai. Tapi nyatanya jam 8 kurang tuh baru pada kumpul. Ya namanya juga orang Indonesia. Maklumin aja kalau ngaret.
Kita kumpul di dalam buat ngisi absen dan dapet name tag peserta CYOF. 
Setelah absen, kita menunggu gate nya dibuka. Dan jengjengg setelah gate nya dibuka langsung semuanya heboh berebut buat masuk. Ada musik-musik yang bersemangat gitu juga. Kebetulan banget aku berhasil menempati barisan paling depan jadi keliatan jelas si pembicaranya. Waktu masuk, kita langsung diajakin adek panitianya buat senam-senam gitu di dalam ruangan. Senamnya juga gerakannya ga normal gitu deh kocak-kocak gitu. Wkwkwk yha gapapa sih biar gak lemes dan bersemangat kan?
Next.. setelah kita senam.. kita dipersilakan duduk di bawah dan ada sambutan dari Pak Sulikin aka Kepala Sekolah SMA N 1 Pekalongan. 
Abis Pak Sulikin menyampaikan sambutan.. ada sambutan dari motivator sekaligus MC yang akan mendampingi acara kita selama 2 hari. Beliau adalah Kak Ridwan Abadi. Berikut orangnya. Maaf gambarnya ga jelas karena susah ngefotonya wkwkwk cuma modal hape doang.
Kak Ridwan Abadi yang minta dipanggil Kak Iwan ini memperkenalkan dirinya. Beliau juga punya beberapa usaha yang udah punya cabang di mana-mana. Pokoknya sukses deh. Beliau berbagi cerita dan pengalaman juga. 
Setelah itu beberapa anak di antara kita diminta maju sama Kak Iwan buat menyampaikan cita-cita dan impiannya. Aku cuma ngefoto 1 orang doang yaitu Irfan Azhar.
Azhar mengatakan bahwa "Buat apa jadi pengusaha, jadi dokter, kalo nggak bisa membahagiakan orang tua"
Sebaris kalimat yang paling catchy dari Azhar yang paling aku ingat.
Lalu Kak Iwan mulai memberi motivasi ke kita disertai menampilkan power point gitu..
.
Beliau memberi motivasi tentang kesuksesan gitu. Salah satunya adalah kita disuruh membentuk kelompok yang isinya 5 orang. Lalu menyiapkan selembar kertas dan menuliskan MMF. Yaitu 3 Mentor, 3 Model, dan 5 Friends yang menurut kita itu bisa memotivasi. 
Yang aku tulis yaitu.. 3 mentor ku adalah Bapak, Mama, serta Guru. Mereka adalah orang yang paling besar memberi pengaruh bagi saya. 3 Model ku yang aku tulis cuma 2 adalah SNSD, Justin Bieber karena SNSD dan Justin Bieber itu semangat berusaha demi mencapai sebuah impian. Yang tadinya bukan siapa-siapa sampai sekarang namanya sudah dikenal di dunia. Kalo 5 friends nya.. Ro'ad, Vira, Winda, Indah, Dinda. Kenapa mereka? Ro'ad : dia orang terdekat saya selain keluarga. Vira, Winda, Indah, teman paling pup yang hinaannya kadang memotivasi saya walaupun kebanyakan hinaannya tidak penting. Kalo Dinda.. well dulu kita sering curhat dan saling support. Makanya ku masukin ke dalam 5 friends. Setelah itu ada beberapa anak juga yang disuruh maju untuk menyampaikan MMF. Yang aku ingat adalah Widya dan Arlin. Mereka bercerita tentang MMF nya mereka. 
Kita jadi tau sudut pandang mereka dan alasan mereka mengapa menjadikan orang-orang yang disebutnya sebagai MMF nya. Dan inilah foto suasana berdiskusi..
.


Saat menuliskan MMF

Berdiskusi menceritakan MMF masing-masing anak.
Setelah MMF.. kita mendapatkan suatu informasi kalo mau sukes itu kita juga harus Mastering of Communication. Jadi kita harus bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi itu harus diperhatikan mulai dari pilihan kata, intonasi, serta gestur tubuh.
Next.. Kita banyak berdiskusi bareng kelompok kita 5 anak itu. Cerita kehidupan yang diimpikan juga.. 
Kita disuruh menulis juga kebiasaan buruk selama ini dan kebiasaan baik yang akan kita lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk itu. Banyak banget kebiasaan buruk yang aku tulis. Seperti mudah marah, pendendam, egois, suka menyalahkan orang lain, keras kepala, dan selalu menunda sesuatu x)
Abis itu sekitar jam 12an pokoknya waktu Dhuhur kita beristirahat untuk makan siang dan solat. Makanannya adalah..
Nasi gudeg :3
Bonus selfie kita saat jam istirahat makan siang
Kita istirahat dan makan.. abis 1 jam kemudian kita kembali masuk ke gedung Amarta. Saat pertama masuk gedung kita senam-senam lagi dengan gerakan random dan musik yahud. Biar kembali fresh dan semangat gitu ceritanya buat melanjutkan motivasinya. Pokoknya kita itu kayak dikarantina gitu deh aku ngerasanya. Isinya motivasi-motivasi mulu yang aku udah lupa ngapain aja.___.v
Setelah itu kita lanjut motivasi dan diskusi kelompok lagi sampai akhirnya jam waktu solat Ashar. Kita ada coffe break gitu. Minumnya ada kopi dan teh. Aku ambil kopi biar nggak ngantuk sih karena jam-jam segitu tuh emang lagi ngantuk-ngantuknya apalagi dengerin orang ngomong panjang lebar. Minumnya kopi. Snacknya macaroni schotel yang menurutku enak. Enak gak guyss? :3
Setelah coffe break berakhir kita masuk gedung. 
Terus kita...
Lanjut cerita-cerita lagi. Sekitar jam setengah 5 kalo nggak salah. Tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu kehadiran Bapak Heppy Trenggono. Beliau adalah alumni SMANSA dan beliau saat ini adalah pengusaha kaya yang punya kebun sawit beribu-ribu hektar. Sukses banget pak Heppy.
Beliau memperkenalkan diri dan menceritakan tentang anaknya juga.
Pak Heppy Trenggono
Ada satu hal yang bikin heboh seangkatan. Pak Heppy menanyakan "Mengapa ada orang yang sekolahnya sama, belajarnya sama, bukunya sama, tapi hasilnya beda ada yang sukses ada yang nggak? Apa yang membedakan?"
Banyak siswa yang langsung mengacungkan tangan dan jawabannya pada salah. Mereka jawab "tekad" "motivasi" "kemauan" gitu pokoknya salah. Kemudian pak Heppy meminta salah satu staffnya untuk menyiapkan uang sebagai hadiah bagi yang menjawab pertanyaan itu dengan benar. Begitu tau hadiahnya 1 juta.. anak-anak semakin heboh angkat tangan tapi jawaban mereka masih pada salah 

Antusiasme KIS'16 menjawab pertanyaan Pak Heppy
Sampe ada salah satu KIS'16 yang kakinya abis kecelakaan jadi harus pake tongkat. Naufal namanya. Dia sampe maju ke depan pake tongkat biar pak Heppy nya lebih kasian sama dia. Mungkin biar peluangnya lebih besar. Tapi pak Heppy malah jawabnya "Ini beneran ni?" Hahaha X)
Dibela-belain pake tongkat jalan ke depan
Ada salah satu anak yang maju ke depan juga. Perempuan. Sandra namanya. Dia maju untuk menjawab pertanyaan pak Heppy. Dia jawab dengan 1 kata yaitu "karakter". DAN TERNYATA bener. Langsung dapet 1 juta dari pak Heppy. SUMPAH SENENG BANGET DEH ITU DAPET 1 JUTA. REJEKI NOMPLOK MEN :3. Langsung satu angkatan heboh bersorak-sorak gitu. 
Ga terasa udah maghrib aja dan para siswa diperbolehkan buat pulang mandi. Dan datang lagi jam 7 untuk melanjutkan acara sampe jam 9 malam.
Sebelum jam 7 aku sudah otw dari rumah. Sampe di gedung Amarta aku langsung absen dan mengambil jatah makan malam. Makan malamnya adalah..
Sembari menunggu semua siswa kumpul, aku Vira Indah Winda foto-foto dulu di dalem.
Add caption

Halo :3
Setelah para siswa kumpul.. kita langsung masuk dan melanjutkan acara. Ada pak Heppy juga. Beliau menceritakan tentang 4 anaknya. 3 cewe dan 1 cowo. Anak pertama saat ini sedang kuliah Fashion Design di Seattle, Amerika, anak kedua bercita-cita jadi pengusaha sukses dan dia mulai bisnis jualan makanan gitu, anak ketiga pengen jadi dokter, dan anak keempat yang cowo.. dia unik karena cinta banget sama bendera merah putih. Pak Heppy cerita kalo ke luar negri.. anaknya yang cowo ini minta oleh-olehnya bendera merah putih :3
Oke skip
Sumpah pada malam itu badanku udah pegel semua terutama pundak dan pantat karena kelamaan duduk. Sampe-sampe mata kakiku lecet karena kelamaan duduk dan menekan lantai gitu. Hhh
Kakiku memerah
Lanjut acara malam itu salah satunya kita membuat dream board. Aku bikin dream boardnya kurang lebih sama lah dengan tutorialku yang pernah aku bahas di sini
Kita membuat dream board dan waktunya itu singkat banget bangeeeett
Peserta CYOF membuat dream board

Foto kami ber4 saat membuat dream board masing-masing
Karena waktunya terbatas dan udah hampir jam 9.. waktu membuat dream board pun selesai. 
Ada beberapa anak yang maju untuk menjelaskan dream boardnya itu isinya apa aja. Bagi yang belum selesai.. bisa dilanjutkan di rumah.
Aku lanjutin di rumah. Dan ini lah dream boardku :3
Yap itulah dream boardku. Oh ya aku akan menjelaskan isi dream board ku apa aja. Di tengah-tengah ada fotoku dan kedua orangtuaku.Sebagai pelaku dari mimpi-mimpi yang akan aku wujudkan. Oke aku mulai cerita ya. Di-aamiin-in dong :3
Dibacanya dari kiri atas ya. Goal terdekatku adalah masuk UGM atau UNDIP jurusan Komunikasi. Ada gambar logo UGM dan UNDIP kan itu? Nah turun ke bawah.. yaitu cita-cita yang aku inginkan. Aku pengen jadi reporter TV sekaligus punya coffee shop sendiri. Jadi wanita karir gitu :3
Turun ke bawah lagi ada gambar dengan tulisan 'become a millionaire' dan 'design my own dream house', 'travel around the world with someone I love', dan 'learn new languages'.
Jadi maksudnya adalah.. setelah aku bekerja.. aku punya uang banyak biar bisa jadi milionaire atau jutawan atau milyuner deh. Terus dengan uangku sendiri aku akan mendesain rumah impianku biar sesuai yang aku inginkan. Tapi harga tanah semakin naik ya hiks sedih. Selain desain rumah juga aku ingin jalan-jalan keliling dunia with my own money dan belajar bahasa-bahasa baru. Bahasa yang ingin aku kuasai adalah Bahasa Inggris sudah jelas, Bahasa Korea, bahasa Spanyol, Jerman, Russia, Belanda, dan Jepang.  
Di bawah kiri ada foto Tiffany SNSD karena mereka adalah goal juga karena cantik, murah senyum, modis dan fashionable, ramah, dan hardworker. Aku pengen meniru sikap-sikap baiknya Tiffany SNSD.
Lalu di bagian sebelah kanan ada gambar Bungee Jumping dan tulisan "AKU HARUS BISA KE LUAR NEGRI" serta gambar-gambar tempat yang ingin aku kunjungi. Aku pengen banget merasakan bungee jumping karena itu menantang adrenalin banget dan aku suka ketinggian. Aku juga pengen ke luar negri untuk mencari pengalaman baru sekaligus menambah pengetahuan. Di situ ada gambar tempat-tempat di antaranya adalah Yunani terutama di Athens dan Santorini, Mekah, Korea Selatan, Venice, Negara-negara di Eropa, ke Disneyland jugaa!!
Ada juga tulisan "menemukan vampire ganteng" :P sebenernya itu karena aku suka banget series film Twilight jadi aku pengen menemukan vampire seganteng Edward di Twilight. Hehehe
Lalu aku juga pengen lihat Aurora Borealis atau Northern Lights, mengunjungi Kolosseum, serta menginjakkan kaki di seluruh benua di muka bumi ini.
Jadi itulah yang mengakhiri day 1 CYOF ku. Penjelasan dream boardku panjang ya.

Keesokan harinya

DAY 2
Day 2 itu dresscode nya putih. Masuknya jam 7 tapi ngaret lagi ya sudah biasalah. Kira-kira sama kayak kemaren isinya pertama masuk senam-senam gokil dulu abis itu motivasi lagi gitu-gitu.
Oh ya kita dibentuk kelompok juga ada 20an kelompok kayaknya. Isinya campur-campur IPS IPA. 1 kelompok isinya 10-12 anak. Kelompokku itu kelompok 9 yes nomer hoki. Isinya ada aku, Faza, Merlisa, Tiwi, Maurin, Navira, Anji Dani, Ghalib, Fikri, Ivan. Di kelompok itu kita masuk ke dalem angkot dan ke suatu daerah dan kita tidak diperbolehkan bawa HP, jam tangan, dan uang. Di angkot ada barang-barang jumlahnya 12 paket isinya deterjen, softener, pembersih lantai, dan minyak aromatherapy yang semuanya produk lokal dan produknya pak Heppy. Masing-masing kelompok dan tiap individu diharuskan menjual produk itu di daerah yang sudah ditentukan. Antar kelompok beda-beda daerahnya. Kelompokku dapet daerah Binagriya Blok A.Satu paket harganya IDR 19000. Terserah mau dijual berapa itu tergantung masing-masing. Aku jualnya IDR 50000 satu paket. Kita mencar-mencar di Binagriya mencari target masing-masing. Kita daerahnya blok A tapi aku jalan sampe blok B.
Jualan itu capek ternyata karena Binagriya itu gede dan harus jalan kaki menjual produknya door to door gitu hh :") 
Pas udah kumpul semua udah laku semua dengan hasil yang berbeda-beda ada yang jualnya 22ribu, ada yang jual 50ribu kayak aku, ada yang sampe 200 ribu.
5 orang dengan hasil penjualan terbanyak dapet uang juga dari Pak Heppy sebagai penghargaan gitu. Skip skip kita disuruh membuat laporan keuangan per kelompok dapet omset berapa dan profit berapa. 
Terus udah jam makan siang.
Langsung inilah saat lunch. Makanannya cukup enak sih bagiku. Ayam bumbu gitu idk namanya apa.
 Abis lunch kita masuk lagi. Nah kali ini kita menulis surat untuk diri kita di masa depan. Aku menulis surat itu terharu loh. Membayangkan kalau aku ternyata mampu dan bisa menjadi seperti diriku yang aku cita-citakan.
Suratku begini. Ada yang keliatan tulisannya? :3
 Abis itu beberapa anak maju membaca isi surat mereka. Ada 1 anak namanya Diah Nafasyah. Dia membacakan surat untuk dirinya di masa depan. Bagus dan kata-katanya bikin kita semua terharu gitu yaampun aku aja sampe mau nangis. Dia dapet standing applause dari setengah angkatan karena emang sebagus itu. Lalu kita juga disetelin video yang memotivasi gitu juga dan kayak ada waktu renungan gitu di mana semua anak pada nangis. Tapi aku enggak karena aku jarang nangis di depan umum. Ntah lah malu aja gitu apa lagi kalo tiba-tiba kefoto sama mas fotografer. Kan nggak banget.
Abis itu ada coffee break pada saat solat Ashar. Kita dapet snack juga berupa schotel jagung. 
Pas udah masuk.. kita dapet  motivasi lagi dan kita memasukkan surat yang sudah kita bikin tadi ke sebuah amplop.
Di tengah tempat duduk kita itu ada bangku-bangku yang ditata sedemikian rupa menyerupai jembatan. Pak Heppy menjelaskan bahwa itu seperti Arc de Triomphe di Perancis. Jembatan para pemenang.
Jadi aturan mainnya itu beberapa anak yang mau melewati jembatan kursi itu.. dikasi mic dan mengucapkan motivasi yang diawali kata "ternyata" yang nantinya bakal di-aamiin-in sama teman seangkatan.
Hammam on stage
 Jadi kalimat yang diucapkan oleh teman yang berada di atas stage itu kayak
"Ternyata... kita semua orang-orang sukses!!"
"Ternyata.. Kita semua lebih mampu dari apa yang kita bayangkan!!"
"Ternyata.. Kita semua calon penghuni surga!!"
dll banyak banget
Semua pernyataan itu di-aamiin-in sama seangkatan.

Ghalib on stage. Heboh semuanya karena Ghalib biasa jadi MC jadi bahasanya kayak MC (?)

Fanny on stage. Mbak ketua dance

Bustomi on stage. Heboh jugaa

Saat ilham naik stage juga ga kalah heboh

Irfan Azhar maju dan jadi super heboh

 Setelah teman-teman mengucap pernyataan ternyata.. ternyata dan di-aamiin-in seangkatan.. tibalah kita di penghujung acara. Acara CYOF hari kedua sampai jam 6 sore. Acara ditutup dengan sambutan pak Kepsek dan pak Heppy Trenggono
Pak Kepsek menutup acara

Pak Heppy menutup acara
Setelah Pak Kepsek dan Pak Heppy memberi sambutan penutup.. Kita semua para KIS'16 diminta berdiri. Kita nyanyi "We Are the Champion" rame-rame. Kita semua jadi termotivasi buat ga males dan lebih niat lagi mewujudkan segala impian karena sesungguhnya kita semua adalah pemenang :3
Abis nyanyi kita salim sama guru-guru dan minta teman-teman menandatangani dream board kita.
Suasana salim sama guru-guru yang hadir di CYOF

Harus banget minta tanda tangan ke temen-temen :3

Tanda tangan di dream board ku. Sedikit sih..
Kita juga foto-foto sama temen-temen untuk mengakhiri acara yang keren ini :3
My squad

SEMANGAT YAA!!

LAST BUT NOT LEAST..
Kita foto bareng seangkatan guna mengakhiri acara CYOF selama 2 hari ini..
Aku nggak keliatan jelas huvt.

Oke itulah cerita CYOF versiku. Kalo kalian udah baca sampe sini, makasih banget sudah meluangkan waktumu untuk membaca post di blog ku yang sangat amat panjang ini. Makasih banget loh :3
Jadi...
TERIMAKASIH KIS'16 TERIMAKASIH PANITIA!!! KALIAN LUAR BIASA!!!
.
Sampai jumpa di post selanjutnya! :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Keren banget pasti mengesankan banget ya kebersamaan di dalam satu angkatan. :') terharu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks to panitia sih udah mempersiapkan acara kayak gini. Emang seru dan menyenangkan. Tapi bikin badan pegel kelamaan duduk. Ntar tahun depan kamu akan merasakan :3

      Delete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare