SKIN CARE ROUTINE 2020 (Kulit Kombinasi-Berminyak)

November 06, 2020

 

Akhirnya setelah sekian lama, aku update skin care routine lagi. Terakhir aku bikin tulisan tentang skin care routine tuh kayaknya tahun 2017, dan sekarang skin care ku udah cukup banyak yang berubah. Btw, jenis kulitku itu kombinasi-berminyak dan akhir-akhir ini lagi berjuang dengan yang namanya maskne (mask acne) karena pake masker terus.

Begini kondisi kulit aku sebelumnya

 

Aku agak stress karena dulu tuh makin hari makin parah,yang awalnya cuma beruntusan kecil yang ku kira whiteheads, malah berkembang jadi jerawat. Sebelumnya aku nggak pernah jerawatan sebanyak ini soalnya :") Nah.. Di sini aku akan tulis produk apa aja yang aku pake dan urutan pakainya.

Disclaimer dulu, semua produk yang aku masukin di postingan ini cocok semua di aku, tapi belum tentu apa yang cocok di kulitku akan cocok juga di kulit kalian ya. Perlu trial and error sendiri buat tau cocok atau nggaknya. Di sini aku hanya berbagi produk apa aja yang cocok untuk kulitku.

Nggak perlu lama-lama lagi, jadi here you gooo!

[[Baca juga : Skin Care Routine 2017]]

MORNING SKIN CARE ROUTINE


1. Cleanser - COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Untuk cleanser di pagi hari, aku pakai dari COSRX karena sabun cuci muka ini gentle banget di kulit. Kulitku berminyak, tapi aku nggak suka sama sabun muka yang bikin kering dan ketarik. Si COSRX ini nyaman banget dipakenya. Bersih di kulit, tapi nggak bikin kering. Nyesel kenapa baru cobain sekarang hahaha ternyata baguss!

2. Hydrating Toner - COSRX Hydrium Watery Toner

Masih dari brand COSRX, setelah cuci muka aku lanjut pake hydrating toner. Produk ini tuh teksturnya ringan banget, nggak ada wanginya, nggak ada baunya, bener-bener mirip air banget. Aku cobain ini tuh karena keracun temen aku yang bilang ini bagus. Dan ternyata memang bagusss! Kulitku kayak dikasih minum gitu setiap abis pake ini.

3. Essence - Npure Centella Asiatica Essence

Pertama kalinya cobain produk dengan kandungan Centella Asiatica, and I'm kinda surprised. Produk ini di kulitku ngasih efek lembab dan glowing, juga memperbaiki tekstur kulit jadi lebih smooth. Meresapnya juga oke, nggak bikin kulit terasa berat atau makin berminyak. 

4. Moisturizer - Biokos Age Renew Moisturizer

Sejujurnya, aku jaraaaaaang banget pakai moisturizer di pagi hari. Di kulitku yang berminyak ini, kalo pagi aku biasanya cuma pake sunscreen karena setiap hari berangkat kerja kena matahari. Nah, si moisturizer ini aku pake cuma kalo aku lagi di rumah aja dan nggak bakal pergi keluar. Menurutku produk ini lebih cocoknya dipake sama yang kulitnya kering sih karena extra melembabkan banget. Di kulitku, dia bakal berminyak setelah 2-3 jam.

5. Sunscreen - Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30

Sebelumnya aku pake sunscreen Emina, cuma sekarang lagi pake Skin Aqua karena kepengen. 22nya di aku nggak ada masalah, cocok semua. Jangan lupa re-apply sunscreen ya gengs. Sunscreen ini juga sebelumnya udah pernah aku review. Aku suka teksturnya yang cepet nyerap dan nggak greasy, tapi ngasih efek dewy ke kulit yang bagus banget.

[[Baca juga : Review Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 ]]

6. Lip Care - Vaseline Repairing Jelly Aloe Vera

This is my favorite. Tadinya aku pake yang varian original, ternyata yang aloe vera ini lebih enak. Menurutku vaseline ini lip care terbaik yang pernah aku coba, karena bibirku yang pecah-pecah dan berdarah bisa balik normal dan lembab cuma dalam waktu 2 hari. Sayangnya, ini nggak ada spf.

Oke, itu dia morning skin care routine aku, terbilang simple sih. Sekarang lanjut ke Night Skin Care Routine ya. Siapin popcorn dulu buat cemilan, soalnya ini akan panjang HEHEHE.

 

NIGHT SKIN CARE ROUTINE

1. First Cleanser - Fanbo All in One Cleansing Balm varian Green Tea

Nothing special dari cleansing balm ini, aku cuma pakai ini untuk bersihin makeup tebel khususnya makeup yang waterproof kayak mascara. Cukup oke untuk harganya yang nggak nyampe 100 ribu.

2. Second Cleanser - Garnier Micellar Water 

Micellar water sejuta umat. Aku suka varian yang pink ini karena lebih gentle di kulitku kalo dibandingin sama yang biru. Kadang kalo lagi mau hemat, aku suka ganti produknya pakai micellar water Ovale. Untuk kemampuan bersihin mukanya oke-oke aja. Nggak bikin kulit perih juga sih ini.

3. Third Cleanser - Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin

Kenapa aku pake sabun muka ini di night skin care routine? Jawabannya adalah karena dia gentle tapi nggak se-gentle si COSRX tadi, jadi aku rasa lebih cocok dipake malem setelah aku makeupan full seharian. Selain itu, aku juga punya produk ini duluan sebelum COSRX, jadi daripada nggak dipake, aku pakenya cuma pas malem. Aku suka dia masih lembab di kulit meskipun tulisannya for acne prone skin. Sama sekali nggak bikin ketarik.

4. Exfoliating Toner - COSRX AHA BHA VIT C Daily Toner

Beli ini karena bingung cari pengganti Avoskin Refining Toner yang susah banget dicarinya itu. Sesuai namanya, meskipun ini exfoliating toner tapi bisa dipakai sehari-hari karena mild. Dia kandungan acid-nya sangat rendah, cuma 0,105% AHA, 0,03 BHA, dan 0,02 Vitamin C. Gentle banget kan? Untuk kalian yang baru pertama banget mau cobain exfoliating toner, mungkin bisa mulai dari yang presentase acid-nya rendah kayak si COSRX AHA BHA VIT C Daily Toner ini.

5. Hydrating Toner - Hada Labo Gokujyun Moisturizing Lotion

Hada Labo ini juga udah pernah aku review di blog, tapi aku review yang versi Light Lotion alias strip hijau. Kalo yang ku punya sekarang yang strip oren. Dulu ku kira Hada Labo ini teksturnya udah paling ringan, ternyata abis cobain COSRX yang persis air, baru nyadar kalo Hada Labo ini masih agak sticky xD Tapi untuk efek lembabnya bagus sih ini. Kalau mau baca review detailnya, langsung aja mampir.

[[Baca juga : Review Hada Labo Gokujyun Light Lotion ]]

6. Serum - Biokos Age Renew Serum

Jujur, aku dikirimin sama Biokos untuk cobain produk ini. Meskipun dikirimin, tapi aku tetep suka sih karena teksturnya yang encer, wanginya calming, dan cepet menyerap. Meskipun namanya age renew, tapi aku belum liat efeknya untuk anti aging (karena usiaku juga baru 21 sih jadi tanda-tanda penuaan juga belum terlalu keliatan). Seperti produk anti aging pada umumnya, efeknya baru bisa diliat setelah pemakaian jangka panjang.

7. Eye Cream - Raiku Eye Cream

Ini aku juga dikirimin, eye cream Raiku tuh ada sedikit efek dinginnya, jadi bikin rileks. Plus point nya lagi adalah dia nggak berat dan mudah diratain di kulit. Efeknya belum nampak karena ini termasuk produk anti aging ya gengs.

8. Night Cream - Biokos Age Renew Night Cream

Masih satu seri dengan produk Biokos yang udah aku sebutkan di atas. Teksturnya agak berat, tapi masih mudah diratakan di kulit. Night cream ini bikin mukaku berminyak pas bangun tidur, tapi glowing. Paham nggak sih wkwkwk jadi kayak campuran gitu. Aku agak love hate sama produk ini. Yang pertama hate karena efeknya besok pagi pas bangun jadi greasy, tapi love juga karena mukaku yang jadi lembab dan glowing. Aduh, dilema.

9. Spot Treatment - Fanbo Acne Gel

Sebelumnya aku pake obat totol jerawat dari ERHA, dan berhubung produk itu udah abis akhirnya aku ganti ke Fanbo. So-so sih. Untuk jerawat yang baru bibit mau muncul, ini calming. Tapi kalo untuk jerawat yang udah mateng, kempesnya cukup lama. Formulanya lembut, mungkin itu juga yang bikin proses penyembuhannya agak lama kalo di kulitku.

[[Baca juga : ERHA Acne Care Lab Series ]]

10. Lip Care - Vaseline Repairing Jelly Aloe Vera

Ini udah aku bahas tadi di morning skin care routine, jadi skip aja ya. 

 

WEEKLY SKIN CARE ROUTINE

Selain morning and night skin care, aku juga masih ada produk yang aku pakenya nggak tiap hari.

1. Somethinc AHA BHA Peeling Solution

THIS IS REALLYYYY GOOD. Aku pakenya cukup seminggu sekali aja sebelum tidur. Ini semacam chemical peeling mask gitu ya gengs. Mirip-mirip sama The Ordinary punya, tapi ini versi kandungan acid-nya lebih ringan. Efeknya di kulitku jadi kerasa bersih sih sih dan tiap abis pake ini mukaku tuh berasa abis di-amplas karena jadi lebih halus. Pakenya cukup maksimal 10 menit, terus dibilas pake air.

2. Lacoco Watermelon Glow Mask

Heran, padahal aku pakenya sering tapi nggak abis-abis. Ini sleeping mask satu-satunya yang pernah aku coba, dan menurutku ini hasilnya luar biasa. Wanginya bikin rileks, dan HASILNYA BESOK PAGINYA MUKAKU KAYAK BERCAHAYA. Oke lebay. Tapi serius, tiap aku pake sleeping mask ini, besok pas bangun tidur mukaku auto glowing, sesuai sama namanya, glow mask. Apalagi kalo sebelumnya aku pake Somethinc juga, beuh. Kombo yang luar biasa. Si sleeping mask ini biasanya aku pake seminggu 2-3 kali, tergantung mood aja sih.

[[Baca juga : Review Lacoco Watermelon Glow Mask ]]

3. Jafra Mud Mask

Ini salah satu masker terbaik yang pernah aku coba. Dia bikin kulitku jadi lebih lembut, glowing, dan halus. Meskipun namanya mud mask, dia sama sekali nggak bikin kering. Justru aku setiap abis pake masker ini merasa kulitku jadi lebih lembab dan sedikit lebih cerah. Aku pakenya seminggu 3x pas aku merasa mukaku lagi kotor banget aja.

 

OH IYA, selain pake skin care, semenjak kena maskne aku jadi lebih concern merhatiin wajah dengan ngelakuin beberapa tips ini.

1. Ganti masker sehari 2-3x. Sebelumnya aku pake masker mulu seharian dan nggak pernah ganti. Asumsiku, itu yang bikin jerawatan. Setelah aku rutin ganti masker, kulitku berangsur membaik.

2. Jangan megang wajah kalo belum cuci tangan. Aku sekarang menghindari banget megang wajah dengan tangan kotor. Misalnya abis pegang hape nih, aku tetep cuci tangan pake sabun dulu sebelum nyentuh wajah.

3. Rajin minum air putih. Aku akhir-akhir ini lagi sangat mengurangi manis, dan selalu minum air putih minimal sehari satu liter. Bermanfaat banget loh ini buat kesehatan kulit.


FYUHHHH AKHIRNYA SELESAI JUGA HAHAHA.

Panjang banget ya gengs? Aku berusaha menyampaikan sesingkat mungkin dengan info yang jelas, hasilnya ternyata masih panjang. Ya mau gimana lagi juga, produknya emang banyak wkwk. Progress dari skin journey ku bisa diliat di foto di bawah ini. Belum mulus banget, memang. Setidaknya udah jadi jauh lebih baik. Tinggal berjuang sama bekas-bekas jerawatnya aja. Perjuangan ini masih belum selesai ya bun :")

 

Sekian postingan hari ini, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisanku selanjutnyaa!~

 

With Love,

 

Arda K.

You Might Also Like

0 comments

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare