BERPENDAPAT #2 : Aku, Kamu, dan Beauty Standards

March 27, 2017


Seperti di tulisan sebelumnya, aku udah bilang kalo tulisanku selanjutnya bukan review lagi, kali ini aku mau BERPENDAPAT. Yuk yang belum baca tulisan sebelumnya bisa dibaca : Review Viva Fin Touch All Shades

Kemaren pas lagi di kamar mandi aku dapet inspirasi buat nulis beginian. (emang ya kamar mandi adalah tempat terbaik untuk mencari inspirasi). Tulisan ini cuma pendapatku, aku maklum banget kalo ada pendapat yang beda.

Sebelumnya aku pernah bikin tulisan BERPENDAPAT #1 juga udah lamaaa banget, makanya aku pengen nulis pendapat lagi.

Baca juga : Berpendapat #1 : Komentar di Instagram terkadang Jahat

Tulisan kedua ini lahir karena aku keinget dulu pernah berada di fase ngarep bisa kayak cewe-cewe di iklan, yang kulitnya putih, rambut lurus panjang, muka mulus, dan badan langsing. Dulu cewe-cewe di iklan itu aku anggap definisi "cewe sempurna nan ideal"
Aku yakin banyak yang MASIH menganggap cewe kulit putih, rambut panjang lurus, muka mulus itu baru bisa dikatakan cewe cantik atau cewe sempurna. Hayo ngaku siapa yang masih terpatok beauty standards? 

Di luaran sana ada yang sampe pake krim murah ga bermerk di pasar biar keliatan putih, krim yang menjanjikan kulit putih dalam 2 hari, padahal nggak tau krim itu kalo dipake dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.
Aduh kalo sampe aku punya temen yang pake krim gajelas fix bakal aku marahin karena bahaya banget:( 

Tadi aku ada kelas dan bahas "cewe cantik itu yang kayak gimana dari sudut pandang laki-laki", sebagian besar yang ditanya menyebutkan "putih dan rambut panjang" sebagai kriteria cewe cantik. Aku sampe gemes dengernya.

Ada apa dengan kulit putih?
Ada apa dengan rambut lurus panjang?
Siapa yang mengharuskan cewe cantik itu kulitnya putih?

Aku mau kamu, dan semua cewe-cewe di dunia ini berhenti mikirin apa kata orang tentang diri kamu sendiri. 

source : giphy.com

Dan buat cowok-cowok Indonesia yang mengharapkan cewe putih tinggi langsing buat jadi pasangannya, realistislah. Kita hidup di Indonesia yang mayoritas penduduknya warna kulitnya kuning langsat dan sawo matang, bukan putih kayak orang Korea atau orang Jepang sana. Banyak kok cewe-cewe kulit gelap yang cantik. Coba liat Tara Basro, dia kulitnya nggak putih tapi tetep menarik.

Beauty Standards yang dibikin masyarakat kita sendiri secara nggak sadar bikin kita berbondong-bondong berusaha keras agar terlihat 'sama' dengan yang selama ini ditampilkan media. Kalo semua orang berusaha terlihat 'sama', menurutku malah membosankan. Justru ada 'beda' maka segala sesuatu terlihat lebih indah.

Kamu cantik.
And you should know that.

Nggak perlu kamu berusaha susah payah jadi cewe kulit putih rambut lurus panjang. Bersyukur aja sama dirimu sendiri. Cewe cantik itu yang sehat dan bisa menerima dirinya sendiri.

Mulailah mencintai dirimu sendiri dengan cara merawat apa yang sudah ada. Inget ya, merawat kulit biar tetap sehat, bukan biar keliatan putih. 
Mandi dua kali sehari, minum air putih yang banyak, makan makanan yang lebih sehat, olahraga, menjaga kebersihan. Itu namanya merawat dan menyayangi diri sendiri. 

Wearing makeup is fine. Cuma pastiin bahwa kamu pakai makeup itu karena kamu senang melakukannya dan karena dirimu sendiri.  Gapake makeup juga gapapa. Itu pilihan tiap cewe mau pake makeup atau nggak.

Aku pernah denger ada yang bilang kalo cewe dandan itu bukan buat cowok, tapi buat cewe. Yang artinya, cewe dandan biar ga dikatain sesama cewe. Jangan biarin hal-hal negatif yang dibilang orang lain membentuk dirimu. Itu badan kamu sendiri, masa orang lain yang menentukan kamu harus gimana?

"ih kok lo gendutan sih"
"ih kok pipinya gede banget"
"ih bibirnya tebel amat"
"ih kok bawah matanya gelap banget"
dan segala "ih" lainnya. 

source : google

Akan selalu ada orang-orang yang kerjaannya nyinyirin penampilan orang lain. Nggak usah dipikirin, sedikit rasa 'bodo amat' itu sangat berguna kita miliki biar nggak gampang mikirin apa kata orang yang bikin kita nggak pede sama diri sendiri. 

Coba deh kamu ngaca. Bilang ke dirimu sendiri bahwa kamu cantik dengan caramu sendiri. Peduli amat dengan beauty standards yang ada. Kamu cantik.

Aku sekarang udah nggak peduli sama beauty standards, yang aku lakukan hanya fokus menjaga kulitku biar tetep sehat dan terawat. Capek kalo harus ngikutin beauty standards mulu. Aku nggak pengen punya kulit putih, nggak realistis kalo kita orang Indonesia tapi berharap punya kulit seputih artis Korea. Aku cuma pengen kulitku sehat dan bersih aja, itu sudah sangat cukup. Once again, cewe cantik itu cewe yang bisa menerima dirinya sendiri.

Aku harap kita sebagai cewe-cewe nggak cuma ngikutin beauty standards biar dibilang cantik oleh masyarakat, kita cewe juga punya "value" yang lebih dari sekedar penampilan. 

Semoga dengan aku bikin post begini, cewe-cewe di luar sana sadar dan bisa menerima serta menyayangi dirinya sendiri. Jangan lupa senyum dan bahagia. You are beautiful and you should know that.

Source : http://gifsforgomez.tumblr.com


Dah daripada tulisannya kepanjangan mending aku akhiri sampe sini. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya! 


Love,

Arda K.

You Might Also Like

11 comments

  1. setuju! menrutku masalah makeup sebenernya wanita suka dandan bukan karena dia ga bersyukur sama apa yg udah dikasi sama tuhan, cuma kalo aku pribadi aku suka aja kalo makeup mukaku ' i wear makeup beacause i enjoy the process to putting art on my face' itusih menurutku. aku kadang suka kesel sm omongan orang yg ngomentarin makeup kita but i dont care i love the way i wear my makeup hehe

    xoxo
    widiasfita.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, ada kebahagiaan tersendiri waktu menikmati proses pake makeup xD

      Delete
  2. Hai Arda, aku mampir ya heheh. Udah aku follow juga blog kamu :D
    Btw, aku suka banget sama section berpendapat kamu ini. Aku setuju banget pasti banyak orang-orang di luar sana yang super nyinyir. Ga makeup dibilang dekil, makeup dibilang centil. Bodoamat emang kuncinya.

    Dan aku setuju untuk ga begitu ngikutin beauty standards mulu. Akan jauh lebih baik kalau kita punya beauty value sendiri ;)

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ka cindy, makasi yah udah mampir dan follow juga^^
      Hohoho emang kalo mengikuti apa kata orang pasti jadi serba salah muluu. Yang penting kita sebagai cewe kudu sayang dan bisa menerima diri sendiri apa adanya tapi juga gak lupa menjaga yang udah ada :D

      Delete
  3. I LOVE THIS!!!

    Beauty standart yg ada di Indonesia pasti putih. Mau itu untuk cewek atau cowok.. tapi mau gimana juga, orang yang bisa menerima, merawat dan banga akan diri sendiri itu baru cantik/ganteng menurutku. asal kulit sehat penampilan rapi plus kepribadian yg santun mereka terlihat memesona buatku ^^

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep aku juga setuju kalo penampilan rapi tuh bikin seseorang keliatan lebih menarik. Ga harus putih, asalkan sehat, rapi, dan kepribadiannya baik mah udah menarik bgt <3

      Delete
  4. setuju... tapi aku kadang suka insecure apalagi ngeliatp para 'it-girl' yang penampilannya wah banget, hahaha

    www.akpertiwi.com

    ReplyDelete
  5. Totally agree!
    Beauty standard di indonesia yg utama selalu kulit putih, rambut panjang.

    I always think if everyone is beautiful in their own way.
    Mo dia putih, coklat, ato item, ga ngaruh.

    Dan yg plg utama sih hatinya Harish cantik :).
    Percuma fisiknya cantik Kalo hatinya buruk.
    Just my 2 cent.

    http://kireinoclouds2.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare