STORY TIME #7 : SUKA DUKA JADI CONTENT CREATOR

February 15, 2019


Halo semuanyaaa. Udah lamaa banget aku nggak nulis "Story Time". Buat yang belum tau, Story Time ini adalah tempat di mana aku berbagi cerita sama temen-temen pembaca blogku, biar yang ku tulis di blog nggak cuma review dan tutorial mekap aja.

Oke di story time kali ini aku mau cerita sesuai judul di atas. Aku sekarang nggak cuma jadi "blogger" aja karena sekarang aku udah mulai aktif di platform lain yaitu Instagram. Di instagram aku sering bikin konten tentang makeup look, mini review, dan video tutorial. Next aku mau coba Youtube juga tapi masih rencana sih hehe.

Banyak dari temen-temen yang nggak paham kalo content creator itu suatu pekerjaan juga. Ngomongin pekerjaan, pasti identik dengan pegawai kantoran, dokter, guru, polisi, dsb. Apalagi kalo yang ngomong itu orang tua atau nenek kakek yang usianya udah tua dan nggak terpapar internet seperti generasi jaman now. Mereka kemungkinan nggak familiar sama yang namanya content creator, atau orang yang kerjanya bikin konten di internet.

Gak cuma orang tua dan nenek kakek aja, kadang temen sendiri suka bilang "Eh kamu gak ada niat cari kerjaan yang serius? Kok cuma bikin video di yutup. Kok cuma nulis. Kok cuma ngedesain" dan ucapan lain yang sejenis.
Content creator dan pekerjaan freelance suka nggak dianggep kerjaan:") sedih akutu.

Kerjaan jaman sekarang udah banyak, asalkan menghasilkan uang dan halal ya kenapa engga. Bagi aku yang penting "tetap berpenghasilan" nggak harus "berpenghasilan tetap".

Balik lagi seperti judulnya, suka duka jadi content creator apa sih? Kok kayaknya enak mulu ya disponsorin dan dapet produk terus? Wah wah. Ya itu emang bagian enaknya. Enaknya content creator ya bisa dapet produk, diundang dateng ke event2, kenal banyak orang, dapet uang 'cuma' dengan posting di internet. Kan pada nggak tau kerjaan di balik layarnya gimana😂

Temen-temen sesama content creator pasti pernah deh ngerasain lagi ribet sama urusan in real life ntah kuliah, ngerjain skripsi, ngurus anak, dan lain lain sedangkan deadline dan tuntutan dari brand masih banyak. Kesusahan bagi waktu dan akhirnya stress sendiri sampe bisa-bisa badan ngedrop. Ya aku juga pernah kok ngerasa hectic deadline ini itu hahaha.

Susahnya jadi content creator itu kita harus kerja keras ngembangin blog/channel dari 0, ngebranding diri dan promosi biar audiens kita makin luas, terus ngumpulin audiens itu juga butuh waktu. Agak nggak mungkin kita yang orang biasa ini semalem bisa langsung dapet audiens 100k kecuali beli🤣

Buat bikin 1 konten itu juga nggak mudah. Tiap orang beda-beda ya tapi gambaran kasarnya begini. Kita harus mikirin gimana konsepnya, terus kapan mau bikin konten, cobain pake produknya dulu dalam jangka waktu tertentu, ngeluangin waktu buat take foto atau video, editing, terus serahin draft ke brand yang bersangkutan, kalo ada revisi ya direvisi, terus baru upload. Itu semua nggak gampang dan butuh waktu cukup banyak.

Setelah ngepost konten apakah tugas content creator sudah selesai? Oh ya enggak. Kita harus mantau postingan kita itu dijangkau sama berapa orang? Postingan kita efektif nggak sih untuk meng-influence orang? Belom lagi saingannya banyak. Orang yang jadi content creator itu bejibun apalagi jaman udah serba digital sekarang. Harus pinter cari cara untuk mempromosikan diri wkwk. Aku juga masih belajar dan berusaha terus karena kalo gini-gini aja ya ntar kalah saing.

Aku tau semua kerjaan pasti ada suka dan dukanya. Di sini aku cuma mau sharing apa yang aku rasain sebagai content creator di dunia beauty. Pengalaman kerjaku di dunia nyata baru 1x sih dan nggak related sama beauty, yaitu aku pernah kerja sebagai waitress di suatu tempat makan. Itu pun ya ada suka dukanya. Untuk sekarang aku mau fokus jadi content creator aja dulu.

Satu hal yang cukup sering ditanya sama orang "Gimana sih caranya jadi blogger/youtuber/influencer? Gimana sih caranya dapet endorse dan undangan event?"
Jawabannya sederhana. Ya bikin lah konten di platform tersebut. Konsisten. Sesuatu yang bagus nggak ada yang datengnya cepet. Dulu awal aku blogging emang tujuannya sharing dan berbagi pengetahuan aja. Nggak ngerti apa itu adsense. Nggak ngerti endorse. Nggak pernah dapet undangan event. Ya pokoknya nuliiiissss aja terus sambil promosi di facebook kalo ada postingan baru di blog. Aku nulis di blog ini sejak tahun 2015. Undangan event pertamaku? Tahun 2017.

Nggak mungkin ada yang baru mulai jadi influencer terus seminggu kemudian langsung dapet banyak endorse (kecuali kamu anak presiden atau anak artis). Pokoknya jangan jadi influencer kalo dari awal niatnya mau dapet produk gratisan. Aku nggak menyarankan. Soalnya kalo misal lagi sepi job, pasti jadi mager untuk bikin konten. Sedangkan kalo niat dari awal emang untuk sharing, mau ada job atau enggak pun pasti akan berusaha bikin konten.

Satu hal lagi, biasain jujur. Aku tau godaannya banyak haha karena jaman sekarang banyak banget yang jual followers, jual likers, jual viewers dll. Banyak orang yang beli followers biar dinotice sama brand karena followersnya belasan sampe puluhan ribu. Kalo dari awal udah nggak jujur ya sama aja kan ngebohongin brand dan audiens? Kerjaannya jadi kurang faedahnya. Aku jauh lebih respect orang yang followersnya nggak puluhan ribu tapi beneran jujur tanpa beli followers/viewers dan semacamnya. Kalo konten kita jelas dan berkualitas juga followers akan datang dengan sendirinya.

Postingan ini dibuat biar orang-orang dapet pencerahan kalo content creator pun banyak dukanya. Ga cuma endorse terus cekrek upload, itu mah yang keliatan doang. Hehe. Semangat buat temen-temen content creator. Semangat juga buat kamu yang baru mulai jadi content creator. Kerja keras kita akan terbayarkan kok.

See you di postingan selanjutnyaa❤️


Love,


Arda K. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Aku juga baru mulai terjun ngevlog. Sukses ya..

    merlynpatriscia.blogspot.com

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare