5 Kesalahan yang Bikin Skin care Nggak Efektif

October 31, 2017



Halo semuanyaaa!!

Siapa yang nggak tau skin care? Kita semua pasti udah nggak asing sama skin care. Tapi tanpa kita sadari, masih ada hal-hal yang nggak sengaja kita lakukan dan bikin skin care yang kita pake jadi kurang efektif alias asal mampir aja di muka.

Apa aja sih?


1. Nggak membersihkan muka dengan maksimal



Masih banyak banget orang yang abis dandan seharian langsung cuci muka pake facial wash, tanpa dibersihin dulu. Padahal facial wash nggak bisa ngangkat foundation, eyeliner, mascara, dll, harus dibersihin dulu pake oil based makeup remover atau micellar water baru abis itu cuci muka. Kalo langsung cuci muka pake facial wash, muka kita belum bener-bener bersih. Walaupun hari itu lagi nggak dandan juga lebih baik kita bersihin dulu pake cleanser, baru pake facial wash.

Muka yang masih kotor bikin skincare yang kita pake selanjutnya jadi percuma, nggak bisa meresap dengan baik karena masih ada sisa-sisa makeup dan kotoran yang belum keangkat. So, jangan lupa bersihin muka sampe bener-bener bersih, abis itu lanjut pake skin care yang lain.


2. Ngeringin muka pake handuk mandi



Hayo ngaku siapa di sini yang suka ngeringin muka pake handuk mandi? Stop it. It's a bad habit. Handuk yang kita pake buat ngeringin badan lebih baik nggak dipake buat muka juga. Kenapa? Karena bakterinya banyak dan handuk badan biasanya lebih 'kasar'.

Kalo mau ngeringin muka, lebih baik pake tissue atau pake handuk khusus wajah yang lembut. Ngeringin muka pun juga jangan diusek-usek kasar, tapi di tap-tap. Muka kita lebih sensitif daripada badan, jadi kalo diperlakukan dengan kasar, yang ada malah bisa iritasi.

3. Lupa pake sunscreen



Kesalahan fatal yang masih banyak dilakukan adalah nggak pake sunscreen/sunblock/sun protection. Girls, sinar matahari itu bisa jahat banget kalo udah di atas jam 10. Nggak mau kan masih muda tapi mukanya udah ada kerutan dan bintik-bintik kayak gambar di atas gara-gara terpapar sinar matahari terus? Percuma pake banyak skincare tapi kulit nggak dilindungi dari matahari. Sama aja bakal rusak dan bikin skincare kamu sia-sia.

Kandungan SPF yang ada di makeup itu nggak cukup dan nggak efektif. Misal ada bb cream yang ditulis ada spf 30, nah itu kita harus pake sekitar 5-7 layer dulu baru kita bisa dapetin spf sesuai yang tertulis di situ. Daripada pake bb cream 7 lapis jadi cakey, lebih enak pake sunscreen beneran yang terpisah.

Banyak kok sunscreen yang affordable. Contohnya Skin Aqua dan Emina itu di bawah 50rb harganya. Kalo mau yang agak mahalan bisa coba Biore, Banana Boat. So far aku pake Skin Aqua udah cukup.

4. Melupakan bagian leher



Aku juga masih sering melakukan kesalahan ini.

Hehe.

Leher sama muka itu sepaket gengs. Jadi jangan cuma fokus sama muka aja, tapi leher juga harus diperhatiin. Yakali mukanya udah kinclong tapi leher dekil. Kan nggak enak banget diliatnya xD
Leher kita juga perlu perhatian yang sama dengan muka.

5. Sprei kasur yang kotor



Mungkin temen-temen pernah ngerasain udah pake skin care banyak, udah bersihin muka dengan maksimal, udah pake masker ini itu, tapi tetep aja jerawat muncul lagi dan lagi. Coba cek, udah sering ganti seprai dan sarung bantal belum?

Seprai dan bantal merupakan hal yang bersentuhan langsung sama kulit wajah kita. Kalo seprai dan bantal kotor, otomatis bakteri dan kuman yang ada di situ pindah ke wajah pas kita tidur. Alhasil, skincare yang udah macem-macem dari A-Z nggak kerasa efeknya karena kebiasaan jelek kita yang nggak pernah ganti seprai dan sarung bantal.

Idealnya kita ganti seprai 1-2 minggu sekali. Jaga kebersihan itu penting gengs! Jangan cuma ngandelin skin care aja tapi kita nya masih jorok. Hehe


So yeah, sekarang udah tau dong apa aja hal-hal yang bikin skin care kita jadi nggak efektif? Yuk bareng-bareng ngubah kebiasaan jelek biar kita bisa maksimal ngerawat wajah. Kalo bukan kita yang sayang diri sendiri, siapa lagi? ♥

Sekian tulisan aku kali ini, sampai ketemu di tulisanku selanjutnya. Stay awesome!


Love,

Arda K.

You Might Also Like

8 comments

  1. Hai kak Arda !!
    Asli ya aku belum pernah kepikiran kalo ternyata sprei sama sarung bantal dll juga bakal ngaruh, hahaha..
    Btw aku suka banget artikelnya, jadi tambah tau tentang seputar perawatan wajah dll. Thank you ka ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo! aku juga awalnya nggak sadar, terus seiring berjalannya waktu baru ngeh kalo kebersihan sprei sama sarung bantal itu penting.
      Makasih udah mampir dear!<3

      Delete
  2. Setuju banget! Semuanya merupakan satu kesatuan yang nggak bisa diabaikan. Di aku yg paling terasa tuh kalau bersihkan muka nggak maksimal, yasudah deh, skin care nggak akan ampuh. Dua atau tiga hari kemudian pasti wajahku terlihat kusam.

    www.vidazenitha.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr, aku juga kadang lupa bersihin muka sebelum tidur karena kecapekan, terus besoknya mukaku langsung geradakan xD

      Delete
  3. Aku kira cuman aku doang yang sering ngeringin muka pake tisu. Awalnya pake handuk terpisah, tapi berhubung ribet harus sering dicuci (emang anaknya males XD) akhirnya pake tisu~

    www.rzwdanti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ribet kalo pake handuk sendiri wkwkkw makanya aku jg sering pake tissue xD

      Delete
  4. benar banget, kadang bagian leher suka kelupaan, harus di biasain lagi pake skincare sama lehernya juga.. :)

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare