Beginner Makeup Guide #2 : EYE MAKEUP

March 10, 2016

Hello beautiful. Setelah sebelumnya aku bikin Beginner Makeup Guide #1 isinya all about Foundation, kali ini aku akan bahas EYE MAKEUP. Post ku kali ini ditujukan untuk beginner yang masih bingung dengan makeup. Jadi buat kakak-kakak yang udah profesional mah post ini cuma butiran debu ya kayaknya xD Oke langsung masuk ke post nya aja ya biar nggak kepanjangan.. Sebelumnya aku mau ngasi tau ya. Aku ngurutin berdasarkan bagian dari atas wajah kemudan ke bawah. Yaitu alis, kelopak mata, bulu mata, dan daerah bawah mata. Lanjut baca aja ya..
1. EYEBROW PRODUCT
The most crucial thing for woman is eyebrow. Kayaknya nggak pede keluar gitu kalo alisnya belum 'on fleek'. Tapi bagiku nggak terlalu sih. Mungkin belum xD Alis itu bisa dibilang hal yang paling tricky dalam dunia makeup karena alis itu bukan kembar, dan bentuknya kebanyakan kanan kiri tuh beda. Terus kalau pakainya nggak bener, bisa bikin muka keliatan jutek atau marah gitu. Jadi, terus latihan aja sih kalo alis mah xD
Produk buat ngisi alis itu ada cukup banyak loh.

1. Pensil Alis/ Eyebrow pencil.
Paling gampang ditemukan di mana-mana. Semua brand makeup kayaknya punya pensil alis deh *cmiiw. Buat beginner pensil alis sudah cukup untuk latihan. Karena praktis dan nggak repot. Pensil alis ada 2 jenis. Yang bentuknya kayak pensil biasa dan diraut, sama pensil yang bentuknya pipih dan tinggal diputar untuk pemakaiannya. Bisa dilihat sendiri di gambar di atas.
2. Eyebrow Powder. Kalo eyebrow powder tuh biasanya di satu kemasan, ada wax nya juga yang fungsinya merapikan rambut alis biar nggak lari ke mana-mana dan bikin brow powder nya lebih nempel. Tapi agak repot karena harus pake kuas untuk mengaplikasikannya. Brow powder jugga cocok untuk beginner sih karena hasilnya lebih natural karena dia ini kayak menyatu gitu sama rambut alis kamu ^^
3. Brow Mascara. Buat kamu-kamu yang alisnya udah tebal tapi berantakan, brow mascara ini bisa dicoba sih. Karena brow mascara fungsinya untuk merapikan rambut alis dan memberikan warna tapi nggak begitu keliatan (?) Minusnya adalah brow mascara ini nggak bisa buat yang alisnya tipis, dan nggak terlalu bisa membentuk alis yang melengkung gitu. Brow mascara lebih cocok dipake sama orang yang alisnya lurus gitu kayak orang Korea.
4. Next, keempat adalah pomade. Yang di foto atas itu merk Anastasia Beverly Hills. Brow pomade nya terkenal banget sih. Tapi harganya mahal banget 270-340k gitu </3 Brow pomade ini cocoknya dipake sama orang yang lebih profesional gitu. Kalo beginner yang pake ini, bisa-bisa ntar ketebelan. Karena brow pomade ini bentuknya cream gitu kan dan butuh keahlian khusus untuk pakenya xD
5. Last but not least, Tint. Jadi tint eyebrow ini bentuknya cair. pakenya dioles di alis kamu, didiamkan sampai kering, abis itu dikelupas. Kayak tatto gitu deh modelnya. Kelebihannya adalah long lasting, kekurangannya adalah hasilnya nggak natural.
Di bawah ini ada tutorial alis yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai latihan

Sumber : google
 Tips memilih warna produk alis : Kalau rambutmu hitam, pakai alis warna coklat tua. Lebih baik nggak pakai warna hitam juga karena nanti keliatan galak. Pokoknya pakai yang 1-2 shade lebih cerah dari warna rambut. Sedangkan kalau rambutmu blonde/cerah, pakai alis yang warnanya 1-2 shade lebih gelap dari warna rambutmu.

 2. EYE PRIMER


















Apa itu eye primer? Eye primer adalah makeup yang diaplikasikan sebelum pakai eyeshadow. Fungsinya yaitu membuat warna eyeshadow lebih keluar, dan membuat eyeshadow lebih tahan lama. Eye primer juga kadang disebut eyebase. Yang aku tau sih kalo yang harganya murah banget ada La Tulipe eyebase. Tapi kualitasnya gimana aku belum pernah coba ya.. Yang ada di foto di atas itu merk elf (ini kalo di luar negri harganya murah, tapi di Indonesia harganya bisa 50-90an), lalu ada primer potion merk Urban Decay (ini mahal banget), lalu ada dari Too Faced (ini juga mahal). Ini buat beginner opsional, gak harus punya sih.. Sekedar informasi aja.

3. EYE SHADOW

Eyeshadow itu fungsinya untuk memberi warna pada kelopak mata kamu, biar lebih cerah, biar lebih keliatan dalem, biar keliatan lebih besar juga bisa. Ada beberapa tipe eyeshadow yang aku tau.
1. Single eyeshadow. Jadi 1 kemasan cuma ada 1 warna. Bentuknya padat gitu. Diaplikasikannya pakai kuas eyeshadow
2. Eyeshadow Pallete. Ini merupakan pallete kumpulan eyeshadow berbagai warna gitu sih. Sama kayak eyeshadow single tapi versi lebih praktis ^^ buat beginner mending beli pallete aja yang isinya 3-5 warna gitu cukup kok. Coba eyeshadownya Wardah yang isinya 3 itu pigmented banget warnanya ^^
3. Cream. Bentuknya cream. *yaiyala*, untuk pengaplikasiannya biasanya pake jari. Kalo pake eyeshadow brush agak susah. Biasanya eyeshadow cream itu warnanya pigmented.Tapi kadang ada juga yang nggak pigmented terus juga susah diblend.
4. Loose eyeshadow. Jadi eyeshadow ini bentuknya bubuk gitu. Kalo pake kuas eyeshadow biasa susah diambil. Jadi kuasnya harus dibasahin pake air dulu biar bubuk eyeshadownya nempel dan warnanya lebih keluar ^^
5. Stick. Ini cream eyeshadow tapi berbentuk stick gitu. Paling praktis karena bisa langsung dicorengin ke kelopak mata tanpa harus dipakein brush dulu.
Eyeshadow ada 2 finishing yaitu matte dan shimmer..

Kiri matte, kanan shimmer
Eyeshadow shimmer cocok buat ke kondangan, pesta, prom, atau acara-acara lainnya. Biasanya dipakai malam hari sih biar riasan matanya lebih mencolok gitu. Kalo matte bisa dipakai daily karena nggak terkesan 'too much'.  Tinggal pilih selera kamu yang mana :)
Next..

4. EYE LINER


Di bawah eyeshadow ada eyeliner. Eyeliner fungsinya membuat matamu lebih terdefinisi gitu. Bisa menjadikan mata keliatan lebih lebar gitu dan lebih 'hidup', Eyeliner ada berbagai warna. Paling banyak dipakai itu warna hitam. Sama warna putih agak krem gitu buat di sudut dalam mata biasanya. Ada berbagai jenis.. yaitu..
1. Pensil. Eyeliner ini cocok buat yang mau tampil natural. Bisa digunakan di garis mata bagian bawah juga. Kekurangannya adalah repot harus diraut dan warnanya jarang awet. Biasanya kalo udah lama dipakai akan luntur dan jadi mata panda.
2. Gel. Bentuknya kayak gel/cream gitu yang dicolek-colek. Kekurangannya adalah repot harus pake kuas eyeliner.
3. Liquid/Cair. Eyeliner ini ada yang waterproof, ada yang enggak. Biasanya yang pake eyeliner ini tuh yang udah pro sih. Kalo beginner kan tangannya masih gemeteran nggak stabil gitu.. sehingga kurang cocok pakai eyeliner tipe cair. Ntar berantakan. Kuasnya tipis, jadi memudahkan untuk bikin cat eye. Eyeliner cair nggak bisa dipakai di bagian bawah mata ya girls.
4. Pen Eyeliner. Sebenernya ini eyeliner cair tapi kemasannya berbentuk seperti bolpen/spidol gitu. Aplikatornya juga bukan kuas. Tapi berbentuk runcing. Aku merekomendasikan ini untuk beginner yang tangannya masih suka gemeteran dan nggak stabil saat pakai eyeliner. Merk eyeliner ini yang aku tau mudah didapat dan cukup affordable itu ada Silkygirl (aku pernah review di sini), dan Maybelline
Di bawah ini ada berbagai jenis pemakaian eyeliner. Disesuaikan aja dengan yang kamu suka. Aku sukanya eyeliner basic tanpa wing atau ornamen apapun (di gambar tertulis no 1). Sebenernya karena nggak bisa bikin aneh-aneh sih. Hehe xD
Sumber : google




5. MASCARA

Mascara. Sebenernya mascara bukan item favoritku karena ngebersihinnya susah. Mascara ini fungsinya untuk menebalkan, memanjangkan, melentikkan bulu mata kamu. Ada yang waterproof ada yang enggak. Foto di atas itu mascara punya Maybelline semua karena mascara punya Maybelline difavorit-in banyak orang karena harganya masi affordable tapi bagus. Mascara Maybelline juga beda-beda fungsi. Ada yang spesial memberi volume, ada yang mengeritingkan bulu mata, ada yang melentikkan, macam-macam deh.
Sikat mascara itu ada beragam tipe.

Source : makeup.com

Fungsinya sebagai berikut..
Sejujurnya aku pribadi nggak begitu merhatiin sikat mascaranya kayak apa. Karena pada intinya sikat mascara fungsinya....
Dah anggaplah intinya hanya 2 itu biar nggak pusing xD

6. CONCEALER
Concealer. Fungsinya apa? Menutupi daerah bawah mata yang gelap/mata panda. Coba kamu liat foto di bawah. Beda banget kan yang udah pakai concealer dan yang belum? :)
Sumber : google
Nggak cuma untuk daerah bawah mata aja, concealer bisa dipakai untuk menutupi kemerahan, flek atau noda hitam di wajah, dan berbagai ketidaksempurnaan di wajah. Jenisnya ada macam-macam ya..
1. Liquid/Cair. Concealer ini biasanya dipakai untuk daerah bawah mata. Mudah dibaurkan. Tapi kadang ada yang coverage nya belum begitu mantap.
2. Pencil. Biasanya concealer ini dipakai sebagai highlight juga. (Apa itu highlight nanti aku bahas di post lainnya ya).
3. Cream. Sebenernya aku nggak tau LA Girl Pro Concealer itu tipe liquid atau cream. Mungkin para kakak senior per makeup an bisa memberi pencerahan xD LA Girl Pro Concealer itu concealer yang bagus, murah, pilihan shade nya banyak lagi. Pokoknya ini banyak dipakai beauty youtubers gitu deh. Aku juga sedang menabung untuk beli ini ^^
4. Stick. Concealer tipe stick ini biasanya coveragenya bagus, tapi hasilnya cakey dan susah diblend.
5. Corrector Pallete. Apaan kok ada warna ijo? Mau makeup jadi hulk? Nggak. Jadi ini corrector pallete. yang dipakai sebelum concealer. Biar hasilnya lebih flawless dan ketidaksempurnaan wajah bisa lebih tertutupi :)
-Warna Hijau digunakan untuk menutupi kemerahan di wajah. Di roda warna itu warna hijau bersebrangan dengan warna merah. Jadi hijau digunakan untuk menetralkan kemerahan yang ada di wajah.
- Warna Ungu. Di roda warna, ungu bersebrangan dengan kuning. Jadi buat kamu yang wajahnya ada warna kuning yang jelek, tidak diinginkan, dan perlu ditutupi, lebih baik dinetralkan dulu pakai color corrector warna ungu.
-Warna Kuning. Color corrector warna kuning ini bagus untuk menutupi noda kebiruan, serta menyamarkan dark circle yang warnanya biru keunguan gitu.
-Warna Orange kemerahan. Warna ini dipakai buat noda gelap di wajah. Kayak misalnya dark circle yang gelap banget gitu, pakai corrector dulu abis itu baru ditimpa concealer.
-Warna Coklat tua. Ini bisa dipakai untuk contouring muka kamu biar lebih proporsional diliatnya.

Oke segitu aja post ku kali ini. Maaf kalo panjang banget. Tujuanku bikin post gini biar nggak ada lagi yang kebingungan makeup ini fungsinya apa, namanya apa, cara pakainya gimana. Pokoknya aku bikin post ini untuk membantu para beginner yang masih buta makeup lah. Walaupun aku juga beginner, tapi aku senang berbagi hal yang aku ketahui. Semoga membantu ya :D Sampai jumpa di post selanjutnya. Semoga bermanfaat :)

Love,
Arda Kania

You Might Also Like

13 comments

  1. aduduuh kamu kalo bikin pos selalu lengkap! aku jadi berasa les:3 #sambilmanggutmanggutbacanya

    www.blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ka Adhel :D seneng kalo ini dibilang lengkap xD ga sia2 ngetik panjang2 :3 Ini mah apa atuh kak belum layak jadi 'les' karena ini dasarnya doang xD

      Delete
  2. Sumpah maksih banget ya udah bikin post kayak beginih. aku suka ihhh :'''''))).
    Arda sukses ya UN nyah . Salam dari bandung.

    Skilled-daydreamer.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayy glad if you like it ka Rinda^^ Aamiin semoga UN nya lancar.. salam balik dari Pekalongan! :D

      Delete
  3. Wiihh..lengkap! Baru nyadar kalau ternyata ada begitu banyak jenis sikat maskara;)
    bermanfaat banget, kutunggu postingan Makeup Guide selanjutnya^^

    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru akhir2 ini kok taunya :D sipp, insyaAllah secepatnya #BeginnerMakeupGuide yang ke-3 jadi xD

      Delete
  4. Sukaa sukaa.
    Lengkap banget bahasnya, jadi tambah ilmu lagi :D .

    Thanks for sharing :).
    Anw mind to followback me? I just followe your GFC.

    Salam kenal dari http://kawaii-diary98.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasihh :) Sudah ku follow back yaa hihi let's be friend :D

      Delete
  5. Tulisan beginner makeup guidenya berguna banget buat aku, lengkap hehe
    Thanks for sharing, Arda. Salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  6. sukaa banget. sangat informatif.makasih sharingnya.
    salam kenal ya:)

    http://springtraveller.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. Sangat informatif skali hehe

    http://www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  8. Hey Arda,
    Thanks for sharing your beginner's makeup guide. I really appreciate it. Whatever, Arda have you any suggest branded eye makeup? If yes share it with others. I want to add to my list. I don't know what problem I face? why I can not made my eye catching beautiful? Thanks! See you again.

    ReplyDelete
  9. Suka sama penjelasannya^^ Pas untuk pemula kaya aku, soalnya masih belajar-belajar jugaaa >< Ditunggu yaa penjelasan makeup selanjutnyaa :D

    hollabeautievers14.blogspot.com

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare