Story Time #3 : How I get into my uni

August 30, 2016


Halooo
Gilakk udah lama banget aku menghilang. Merasa seperti jauh dari peradaban dan ketinggalan cerita. Kalo aku nggak ngeblog itu berarti aku masih sibuk, atau tidak memungkinkan untuk ngeblog, atau nggak ada inspirasi. Ada yang kangen aku nggak di sini? :3 Aku kali ini mau ceritain pengalaman aku bisa masuk sampai ke sini, menjadi mahasiswa semester awal di sebuah Perguruan Tinggi Negri di Jawa Tengah..

Awalnya pas aku masih kelas 11, aku mulai bingung mau kuliah apa, cita-citaku apa, aku bingung dan masih nggak tau jurusan-jurusan kuliah gitu kan. Pernah ganti-ganti pengen HI karena keren, pengen Sastra Jepang karena dulu aku suka bahasa Jepang, pengen Sastra Inggris karena pengen jadi penulis, hingga suatu ketika aku nonton drama korea berjudul Pinocchio. Saat nonton itu aku langsung tertarik banget buat jadi reporter TV. Ya, aku terinspirasi cita-cita dari sebuah drama. Hingga akhirnya aku menentukan aku kalo kuliah pengen masuk ILMU KOMUNIKASI.

Saat kelas 12 awal, aku sudah mulai mengikuti bimbel untuk fokus ke Ujian Nasional dan SBMPTN. Karena aku sadar diri nilaiku biasa-biasa aja dari awal SMA, jadi aku nggak mengharapkan banyak dari SNMPTN atau Jalur Undangan kalo orang dulu bilang. Target awalku yaitu Ilmu Komunikasi UGM. Ya siapa gitu yang nggak pengen masuk UGM kan? UGM bagus.

Aku dulu pengen bangeeett di UGM. Pengen bgt harus lolos UGM. Hingga hari H SNMPTN, tahun ini ada ketentuan hanya 75% siswa dari SMA berakreditasi A yang dapat mendaftarkan diri di SNMPTN. Alhamdulillah aku masuk 75% anak yang bisa daftar SNMPTN.
Aku menjadikan UGM Ilmu Komunikasi sebagai pilihan pertama ku. Pilihan ke2 Komunikasi UNDIP, ke 3 nya Sastra Inggris UNDIP.

Agak tidak sadar diri karena dulu aku sangat idealis padahal tau nilaiku tidak mencukupi. Akhirnya ya, AKU TIDAK LOLOS SNMPTN. Aku sudah berharap-harap di hari H pengumuman SNMPTN aku lolos jadi biar sorenya nggak usah berangkat bimbel SBM gitu lho, tapi apa daya ternyata nggak lolos. Temen-temen deketku juga nggak lolos. Saat itu jujur aku nggak terlalu nyesek, biasa aja, karena SNMPTN mah jangan terlalu diharapin, katanya.

Oke setelah tau nggak lolos, aku mulai rajin in berangkat bimbel SBM, selalu merhatiin guru dan latihan soal. Apalagi kalo SBM kan saingannya sama angkatan atas kita yang nyoba lagi buat masuk PTN.
Aku bisa dibilang rajin banget berangkat bimbel. Kalo pada minta tambahan, ya aku ngikut. Try out pun aku kerjain dengan serius. Try out makin lama makin baik dan diprediksi lolos di pilihan ku. Lagi-lagi di pilihan pertama SBM aku memilih Ilmu Komunikasi UGM. Aku masih ingin memperjuangkan UGM. Aku mikirnya kalo aku rajin bimbel ada kemungkinan lolos di pilihan pertama. Pilihan ke 2 nya aku ngisi Sastra Inggris UNDIP, dan pilihan ketiga aku ngisi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES karena aku suka makeup makeup gitu. Ujian Nasional mah lancar jaya. Nggak ada masalah, aku lebih memprioritaskan kuliah daripada ujian nasional. Jadi aku rajin berangkat bimbel, rajin ngerjain soal demi biar lolos SBM.

Dan ternyata
SEORANG.ARDA.TIDAK.LOLOS. SBMPTN 2016.
Sedihhh banget rasanya saat itu.Padahal aku sudah rajin berangkat les, rajin tambahan, rajin ngerjain soal.
Sedih at the point sedih banget nggak bisa nangis. Aku merasa udah ngecewain orang-orang, ngecewain orang tua yang udah bayarin biaya bimbel which is nggak murah, tapi aku nya justru nggak lolos.  Lebih sakit ditolak SBM daripada ditolak SNM.
Apalagi abis itu lebaran kan. Ditanyain sodara-sodara "gimana masuk mana jadinya" dan aku jawab "belum keterima om/tante/bude/pakde". dan itu tuh sakit :))

Untungnya saat itu aku juga udah bayar pendaftaran UM Undip. Langsung beberapa hari kemudian aku berangkat ke Semarang buat ikut Ujian Mandiri Undip. Kenapa aku ga daftar Ujian Mandiri UGM? Karena saat itu aku gabisa memenuhi salah satu persyaratan. Akhirnya yaudah lah UNDIP aja. Pas hari H tes, aku ngerjain 50 dari 100 soal. Udah yakin nih bakal lolos udah pede gitu kan karena "yakali gue ditolak lagi"
TAPI TERNYATA TAKDIR BERKATA LAIN.Pas hari H pengumuman.. aku.gak.lolos.lagi.
Hopeless.
Banget.
Aku terlalu nyepelein sepertinya. Huf udah bingung banget kan akhirnya aku cari-cari pendaftaran UM PTN di Jawa Tengah dan DIY. Mulai dari UNS, Unsoed, Unnes, UNY aku udah liat-liat pendaftarannya sama siapin persyaratannya. Aku ikut Ujian Mandiri lagi. Bayar pendaftaran lagi. Aku waktu itu daftar UNS (dia pake nilai SBM), mulai di UNS ini aku cari yang peminatnya sedikit tapi passing grade nya rendah dengan harapan nilai sbm ku mencukupi. Aku juga daftar UNNES, dengan mengambil prodi 1. Pendidikan Tata Kecantikan, 2. Sastra Inggris, dan aku juga udah daftar swasta di UDINUS dengan prodi 1.Komunikasi 2. Sastra Inggris.

Kemudian 'sahabatku' bilang kalo UNDIP buka pendaftaran UM gelombang 2. Awalnya aku gapercaya kan kalo ada gelombang 2. Aku taunya yang buat D3 bukan S1. Aku carinya yang S1. Tapi aku kepo, aku cek deh. DAN TERNYATA ADA UM UNDIP GELOMBANG 2. Yaudah ikut aja lah.

Sambil nunggu tanggal tes dan pengumuman, aku belajar lagi dan banyakin berdoa. Jujur aku bukan orang yang religius. Aku udah ikut tes UM UNDIP. Kata bapakku sampe aku disuruh ngisi pilihan uang gedung yang lebih tinggi biar lebih ada kesempatan gitu..soalnya pas di UM 1 aku ngisi golongan 1, bukan golongan 2.
Terus di atas aku udah cerita aku daftar UM UNS juga.. Pas pengumuman UNS.. Aku deg degan banget. Masukin no peserta dan tanggal lahir.. dan AKU.GAK.LOLOS.LAGI.
Sampe udah stress hopeless banget pesimis kalo undip nya gak lolos gimana....ya pokoknya udah nethink lah.
Udah ikut UM UNNES juga aku buat cadangan.
Tanggal 28 atau berapa gitu, tanggal pengumuman UM UNDIP Gelombang 2.
Degdegan. Banget. Aku gaberani buka. Akhirnya aku cuma ngasitau no peserta ke 'sahabatku' yang awalnya ngasitau kalo ada UM UNDIP gelombang 2. Aku gaberani buka pengumuman dan minta tolong dia buat liatin pengumumanku terus kirim screenshot nya via Whatsapp. Terus dia chat aku "Semangat ya masih ada pengumuman  UNNES kok"
Aku mbatin "Yah.. UM UNDIP Gelombang 2 juga nggak lolos.. yaudah deh"
TAPI abis itu dia kirim screenshot hasil pengumamanku dan TERNYATA AKU LOLOS DI PILIHAN PERTAMA YAITU KOMUNIKASI :"""))) Langsung deh aku telfon bapakku, eh malah bpk nggak percaya dan malah bilang "Yang bener? Gak salah liat kan? Bapak nggak percaya ini. Coba dicek lagi. Oh yaudah alhamdulillah"
SENENG BANGEEETT AKHIRNYA DAPET KULIAH :")
Besok2 nya pengumuman UNNES juga ternyata aku lolos di pendiidkan tata kecantikan. Tapi aku tetep pilih UNDIP-KOMUNIKASI dong.
Langsung bayar uang gedung dan ukt semester satu dan registrasi online. Terus beberapa hari kemudian verifikasi dan aku resmi menjadi mahasiswa UNDIP jurusan KOMUNIKASI :")
Walaupun cinta pertamaku tetep UGM, tapi aku udah seneng banget bisa masuk UNDIP. Akhirnyaaa aku dapet kuliah.

Lalu ya udah, masuk grup line Komunikasi'16, terus kita meet up, terus ikut ospek. Ketemu temen-temen banyak dari daerah yang beda-beda. Ada dari Jakarta, Jogja, Kalimantan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Mataram, banyak deh.
Terimakasih buat yang sudah mendoakan agar aku dapet kuliah. Doakan lagi ya semoga kuliahku lancar sampai wisuda :") Buat adek2 2017, percayalah UN itu gaada apa2nya dibanding SBM dan perjuangan mencari PTN apalagi kalo nilaimu biasa2 aja kayak aku. Dah. Aku seneng bisa menjadi bagian dari kalian, Komunikasi'16 <3
Can u find me? :p

You Might Also Like

5 comments

  1. Eaaaaa arda udah mahasiswa nih ^^ hai adek maba :)) welcome to the jungle, yeaaaaah~ inget loh, perjuangan masuk kampus susah, ntar buat keluarnya juga susah :'D

    aku dulu juga gak lolos undangan dan snmptn (sekarang namanya sbmptn). sedih juga pas ditanyain, "lulus dimana tesnya?" aelah. sakit hati adek, khaaaakkkkk >.< trus pas coba ujian mandiri dan lolos tuh rasanya seneng buanget!!!!



    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Selamat jadi maba arda! aku antara mikir sama gak mikir buat kuliah tapi sebenernya pengen banget di ITB sih tapi karena aku SMK ITB gak nerima itu kalo pun kuliah jurusan yang aku mau pun gak ada di kapus-kampus, jadi harus elajar ditempat kursus. btw temen aku ada juga yang di UNDIP loh

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. Kaniaa??? kita satu univ lohh :'))) omg. azeeek ada temen "blogger" juga nih wkwk
    salam kenal btw, aku anak akuntansi s1 ~

    teenagersbeautysecret.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. waaaaaa aku juga mau di UGM, tapiiij jauhnya ituuu loohhhh..
    selamat ya kaniaaaa

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare