BEGINNER MAKEUP MUST HAVES

June 17, 2016

안녕!! Kemarin-kemarin ada yang nge DM instagram aku, request "kak bikin makeup buat pemula apa aja yang harus disiapin". Intinya gitu. Terimakasih ya untuk kamu yang sudah request. Jadi aku bikin post ini karena aku yakin di luar sana masih banyak temen-temen yang pengen pake makeup, tapi bingung apa aja sih yang harus dibeli, fungsinya apa, perlu banget atau nggak. Kenapa aku baru kepikiran bikin sekarang ya wkwk. Walaupun aku juga masih baru di dunia permakeup-an, tapi masih banyak yang lebih beginner dari aku hehe aku pengen berbagi informasi. Makeup ini untuk sehari-hari aja, bukan yang glam atau makeup formal. Semua produk yang aku sebutkan harganya dibawah 200k semua. Ada yang dibawah 100k dan 50k juga malah. Sooo semoga post ini bermanfaat yaa. Langsung aja

1. BASE MAKEUP
cr : tokopedia.com
Kunci makeup yang bagus adalah base makeup yang bagus. Makeup ibarat melukis. Pastinya butuh 'kanvas' yang halus, bersih, baru bisa melukis dengan baik. Bisa memakai Foundation yang ringan ataupun BB Cream buat sehari-hari. Foundation atau bb cream juga bisa dijadikan eyebase loh, tinggal dioleskan sedikit di kelopak mata kemudian diratakan. Produk yang sekiranya bisa dicoba adalah..
1. Wardah Luminous Liquid Foundation (di pict atas)
2. Wardah BB Cream
3. Emina BB Cream
4. Garnier BB Cream
5. Emina City Chic CC Cream

2. BROW PRODUCT
cr : silkycosmetics.com
Alis itu perlu agar  wajah lebih terdefinisi. Gambar alis itu susah-susah gampang. Banyakan susahnya daripada gampangnya. Aku dulu pas bikin alis juga tebel banget kayak ulet bulu. Kalo liat foto lama yaAllah pengen nangis rasanya kenapa dulu gitu banget xD Oke lebay. Yang penting  latihan terus sampai dirasa pas dan nggak terlalu tebal. Oh ya, pake pensil alis kalo bisa jangan item kereng, lebih baik pakai warna coklat atau abu-abu. Beberapa produk yang mungkin bisa dicoba adalah..
1. Silkygirl Natural Brow Pencil (on pict)
2. Viva eyebrow pencil (ini gampang ditemuin di mana-mana, bisa coba ini kalo nggak mempermasalahkan warnanya yang coklat kemerahan, tapi personally aku kurang suka warnanya walaupun tekstur dan kualitasnya bagus)
3. Maybelline Fashion Brow Cream Pencil
4. NYX Eyebrow Cake Powder

3. BEDAK
cr : glamupgirls.com
Bedak juga harus banget punya sih menurutku. Fungsinya mengunci makeup dan menahan minyak. Lebih bagus lagi kalo bedak warnanya transparant, jadi nggak bikin muka cakey, makanya aku merekomendasikan bedak-bedak yang warnanya transparant aja. Bedak ini dipakainya paling terakhir. Beberapa produk yang bisa dicoba adalah..
1. Rimmel Stay Matte Powder (on pict)
2. Etude House Zero Sebum Powder
3. Innisfree No Sebum
4. Bedak Marcks (ada warnanya sih tapi masih oke kok)
5. Bedak Bayi

4. LIP PRODUCT 
cr : tokopedia.com
Menurutku perlu buat punya lip product biar kesannya mukanya segar nggak pucat. Sebelumnya juga harus pake lip balm dulu ya biar bibirnya nggak kering, baru deh pake lipstick. Aku nggak bisa merekomendasikan apa warna yang cocok karena selera orang beda-beda. Jadi yang bakal aku rekomendasikan cuma produknya aja. Masalah warna, bisa pilih sendiri yang sesuai selera yaa :3 Produk yang bisa dicoba adalah..
1. Silkygirl Moisture Boost (on pict)
2. Purbasari Matte Lipstick
3. Wardah Long Lasting Lipstick
4. Just Miss Lipstick
5. Emina My Favorite Things Balm

5. BLUSH ON 
cr : amazone.co.uk

Kenapa blush on aku masukin ke must haves? Dengan pake blush bikin muka nggak flat. Kalo misal cuma pake bb cream atau foundation aja kan muka bakal flat gitu cuma putih doang(?)
Pake blush on juga jangan banyak-banyak, kan tujuannya pakai blush on biar mukanya merona cantik, bukan kayak abis ditampar :3 Beberapa produk yang bisa dicoba adalah..
1. Milani Baked Blush (on pict, warnanya cantik semua, tp harus beli online. Aku lagi pengen ini :3)
2. Maybelline Cheeky Glow (sama-sama baked blush, kayaknya bisa dijadiin alternatif dari milani)
3. ELF Blush&Bronzer Duo 
4. Wardah Blush On
5. Inez Blush On
6. Pake Lipstick. Serius. Biar hemat. Coba aja, hasilnya sama kayak pake blush :3

Sebenernya pakai 5 produk itu aja udah cukup sih buat sehari-hari yang sekedar jalan ke mall, makan di luar, hangout. Tapi aku mau menyarankan beberapa produk lagi yang bisa dicoba buat latihan. Siapa tau pengen hasil yang lebih formal tapi tetep natural dan cocok untuk sehari-hari. Produk yang aku sarankan yaitu..

6. EYESHADOW
cr : beautyeppetite.com
What?! Eyeshadow buat sehari-hari?!
Oke kalem gan. Eyeshadow fungsinya memberikan warna pada kelopak mata. Eyeshadow yang aku saranin warnanya masih cocok buat sehari-hari dan pasti bakal kepake. Kan nggak bakal pake eyeshadow warna ijo atau biru buat sehari-hari? xD Yang bakal aku sebutin di bawah ini eyeshadownya cenderung warna-warna cream, coklat muda, dan coklat tua. Bisa multifungsi juga. Warna cream bisa dipake buat highlighter, warna coklat tuanya bisa dipake contour dan ngisi alis. Jadi nggak perlu beli highlighter atau contour lagi, cukup pake eyeshadow aja (hemat itu indah). Ini beberapa eyeshadow yang warna-warnanya cenderung warm dan wearable untuk daily
1. Silkygirl BlockBuster Eyeshadow "Classic Chic" (on pict)
2. Wardah Eyeshadow "Seri G"
3. Emina Pop Rouge Eyeshadow "Nude"
4. Inez eyeshadow "Venice" (aku pernah review di sini)

Ada lagi mascara dan eyeliner. Opsional banget. Nggak wajib.Ada orang yang nggak bisa kalo tanpa mascara, nggak bisa tanpa eyeliner. Ada juga yang oke2 saja tanpa keduanya (kayak aku). Cuma seperti yang aku bilang, barangkali mau coba-coba.

7. EYELINER
 
cr : ebay.com
Eyeliner fungsinya untuk mempertegas garis mata, bikin mata lebih lebar, dan lebih terdefinisi. Eyeliner yang aku sarankan ini bentuknya kayak spidol, jadi mudah banget dipake pemula.
1. Maybelline Hypersharp Liner (on pict)
2. Mizzu Smart Liner
3. MakeOver Eyeliner Pencil in "Black Jack"

8. MASCARA
cr : everydaystarlet.com
Ada orang yang nggak bisa keluar tanpa mascara karena menurut mereka mascara ini bikin mata keliatan lebih hidup, nggak keliatan ngantuk, dan bikin bulu mata lebih cetar. Mascara ada 2 tipe. Waterproof sama non waterproof. Yang waterproof jelas lah tahan air dan awet tapi susah dibersihin. Kalo yang nggak waterproof kalo kena air luntur, jadi gak cocok dibawa panas-panasan yang bikin keringetan dan mata berair. Aku nggak suka pake mascara, karena males bersihinnya. Tapi kalo kalian mau, kalian bisa coba..
1. Maybelline Mascara
Mascaranya maybelline tuh BANYAK BGT fungsinya beda-beda. Kalo make mascara tentulah sebelum pake mascara kamu akan butuh..
cr : google
Yap, penjepit  bulu mata. Apalagi kalo punya bulu mata pendek. Dijepit fungsinya biar bulu matanya naik gitu. But of course beli penjepit bulu mata bakal lebih boros xD

Walaupun aku merasa post ini udah panjang, aku tetep mau ngasitau brush-brush yang bisa dibeli. Masa pake makeup gak ada alatnya, kan susah yak xD Sebenernya dari makeupnya sendiri kadang udah ada aplikator bawaan, TAPIII aplikator bawaan makeup tuh biasanya jelek. Jadi aku menyarankan agar punya beberapa alat.
9. POWDER BRUSH
cr : artdeco.com
Namanya aja POWDER BRUSH, pastilah untuk mengaplikasikan bedak. Powder brush ini tipenya brushnya ngembang, kuasnya halus, dan agak besar. Bisa diliat di fotoku paling atas itu aku bawa powder brush^^

10. SMALL EYESHADOW BRUSH 
cr : chanel.com
Fungsinya buat memakai eyeshadow *iyalah xD
Buat pemula cocok pakai brush ini, nggak usah banyak-banyak nanti malah bingung. ciri-cirinya adalah brushnya pendek, nggak terlalu besar, dan agak gepeng (tp gak gepeng2 banget sih)

11. BLUSH BRUSH 
cr : target.com
 Blush brush juga penting. Kalo nggak pake brush pake apa lagi coba buat mengaplikasikan blush on'-' Selain untuk mengaplikasikan blush on, brush ini bisa dipake contour tulang pipi juga sih. Ciri-cirinya hampir sama kayak Powder Brush tapi dia lebih kecil.

Nah itu dia brush yang menurutku penting. Kalo masih pemula coba aja pake brush unbranded dulu, tapi cari yang bagus ya. Aku juga masih pemula sik sebenernya.
Jangan lupa tentunya butuh pembersih makeup dan pembersih brushes juga. Aku sukanya pake shampo bayi buat bersihin kuas makeup ku, efektif dan wanginya lembut. Oh ya, murah lagi. Daripada beli brush cleaner mending pake shampo bayi aja xD

So yeah, that's all. Semoga bermanfaat dan semoga nggak bingung-bingung lagi ya buat milih makeup apa aja yang harus dibeli. Byebye :3

Love,
Arda 

You Might Also Like

17 comments

  1. Wwwwaaawww top banget ulasannya kakak... Love you :* :*

    ReplyDelete
  2. Oke jg nih Da. Jadi yg bener2 beginner bisa ngira2 mw beli apa aja.

    Eehhh aku baca byk review soal si baked blush Milani. Sebagus itu ya? :o pengen jg angkut pas beli onlen.. cm blush ku masih ada 3 bijik di rumah --"

    Produk ngalis2an aku gak suka viva yg coklat. Hint merahnya kuat banget. Dan dulu aku belajar ngalis pertama cuma di sret²in doang dan hasilnya kayak segaris gitu, dan itu pake pensil alis viva item. Huahahabaha untung ga tebel2 amat kuaplikasiin. Tp emang loh ngalis bakal bikin look muka beda keseluruhan. Kalo pinter ngalis bakalan perrrrfeekkk, kalo enggak.. hm, kayak sinchan dah


    Tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih kalo liat review orang bagus semua :") apalagi yg shade luminoso yaampun cantik gitu kalo liat di swatch.

      Sama, aku juga gak suka viva krn merah bgt, tp mungkin ada yg suka warna kemerahan makanya aku masukin ke rekomendasi krn viva jg gampang dicari gituu. Tiap org ngalis pasti pernah fail dulu sblm bisa, kalo masih fail belajar lagi aja xD

      Delete
  3. Nice tips Kania!

    Anyway aku baca banyak review nih tentang bedaknya si Rimmel, bagus nggak ya? Selama ini masih nyangkut sama Maybelline, nyoba marcks sama wardah nggak cocok akhirnya aku hibahkan aja.

    XOXO,
    http://mkartikandini.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youu kak Cilla :3

      Kalo dari review emg ada yg bilang bagus, tp juga ada yg bilang biasa aja. Mungkin tergantung tipe kulit masing2 kali ya'-' lumayanlahh dengan harga segitu..

      Delete
    2. Iyaa hihi aku jadi pingin nyoba kalau bedakku udah abis :/
      Btw aku menominasikan kania di liebster award, dijawab yaa :D http://mkartikandini.blogspot.com/2016/06/my-first-liebster-award.html

      Delete
  4. Nice review, Da. Straightforward banget jadi yg newbie nggak bingung harus beli apa aja :D

    ReplyDelete
  5. Bener banget kalo Alis Itu pasti ada fase ulet bulunya wkwk. Aku juga dulu gambar alisnkoknkayakntempwlan lakban gitu haha. Makin kesini makin belajar Dan taau mana bentuk Alis yg cocokcocok. Btw nice post Ardaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua wanita pernah menjadi pejuang alis ka xD hihi thank youuu ka Adhel :3

      Delete
  6. Halo, Arda. It's such a nice post. Btw, kamu udah pernah bikin postingan brush collection kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank youu. belum pernah nih karena emang koleksi brush ku masi dikit banget. kapan2 yaa

      Delete
  7. www.explore98.com/
    Website seputar ilmu komputer
    thanks all :D

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare