STORY TIME #8 : HIDUP DI USIA 20 TAHUN

July 23, 2019


Halo semuanyaaa. Udah lama aku nggak berbagi cerita dan nulis di rubrik story time. Seperti judulnya, aku akan menuliskan sedikit pemikiranku tentang kehidupan di usia 20 tahunan.

Tanggal 15 Juli kemarin, aku baru aja ulang tahun ke 20. Wah. Nggak kerasa udah 20 tahun aku hidup di bumi. Kalo dulu jaman masih kecil dan remaja aku punya banyak temen dan taunya cuma seneng-seneng doang, sekarang aku mending menjaga circle pertemananku kecil tapi intens. Di usia yang udah menginjak kepala 2 ini aku mengalami berbagai hal dari yang seneng sampe sedih, tapi aku memikirkan sesuatu

Apa yang sudah aku lakukan selama 20 tahun ini?

Ngeliat temen-temen seumuran udah melakukan banyak hal, udah bisa travelling pake uang sendiri, udah bisa ikut pertukaran pelajar di luar negri, udah jadi ketua himpunan/bem, udah nikah dan punya anak, udah punya bisnis dan pemasukannya banyak, udah punya banyak job dan pengalaman, udah bisa cari duit sendiri dan lagi meniti karir, udah kepikiran mau skripsi apa dan mulai penelitian. Sedangkan aku? Rasanya aku belum melakukan banyak hal.

Lalu aku jadi ngerasa insecure, iri, dan ngerasa "kok temen-temenku udah banyak prestasinya sedangkan aku belum?" "kok temenku udah pada punya banyak pengalaman dan aku belum?". Emang dasarnya aku anaknya gampang overthinking, hal seperti itu kadang bisa bikin aku merenung dan nggak bisa tidur, malah kadang suka tiba-tiba nangis karena aku merasa nggak berguna hidup.

Padahal pemikiran itu nggak baik. Aku sering bertanya-tanya kenapa aku belum bisa seperti temen-temenku yang lain yang udah mencapai ini dan itu dalam hidupnya. Lalu pada suatu hari, aku baca quotes ini



It hits me right in the feel.

Iya, mungkin aku nggak kayak temen-temenku yang udah bisa travelling sendiri, udah bisa ikut pertukaran pelajar ke luar negri, udah bisa punya bisnis dan lagi meniti karir, udah nikah dan bahagia sama pasangannya. Yep, aku emang belum punya pengalaman seperti yang aku sebut di atas.

Tapi nyadar nggak sih? Kalo sebenernya semua orang itu punya struggle nya masing-masing?

Yang aku sebutin di atas itu cuma enaknya doang, aku nggak tau gimana usaha dan kerja keras mereka untuk sampai di poin itu. Mungkin yang bisa travelling pake uang sendiri, dia rela nggak jajan sekian bulan dan super hemat. Mungkin yang ikut exchange di luar negri, dia udah pernah mencoba berkali-kali di tahun-tahun sebelumnya tapi ditolak mulu karena berbagai masalah. Mungkin yang bisnisnya lancar dan duitnya banyak, dia pernah ngalamin bangkrut atau bisnisnya nggak laku. Mungkin yang udah nikah dan punya anak, dia sebenernya nggak se bahagia itu dan mengalami banyak tekanan.

Tiap orang itu punya timing masing-masing. Nggak ada yang namanya telat, nggak ada yang namanya terlalu gasik. Tiap orang udah punya jalan hidupnya sendiri dan waktunya beda-beda. Ada yang nikah muda tapi nggak ada setahun udah cerai, ada yang nikah di umur 30 tahun tapi langgeng sampe meninggal.

Oya, kalo dipikir-pikir lagi, sebenernya aku masih punya pengalaman. Berhubung pengalamanku beda dari pengalaman temen-temen yang aku liat, aku jadi membandingkan kehidupanku dengan mereka. ITU SAMA SEKALI NGGAK BAIK. Bikin insecure, nggak pede, iri, dengki, kzl. Cuma nyebarin negative vibes aja.

Saat ini aku sudah merasa bahagia dengan pengalaman-pengalaman dan apa yang sudah terjadi selama 20 tahun aku hidup. Aku pernah berpengalaman cari uang sendiri dengan part time job di cafe, atau bikin konten dan nerima endorse, punya temen-temen yang baik, ikut komunitas dan saling mendukung di bidang yang jadi passion aku, punya keluarga yang dukung passionku, punya pacar yang sampe sekarang baik dan selalu dukung kegiatanku, nggak posesif dan no drama, bisa makan enak dan kenyang, kuliah di universitas ternama, dan masih banyak hal lain yang perlu disyukuri.

Kalo aku masih ngeluh tentang kehidupanku saat ini dan membandingkan dengan pencapaian temen-temenku, aku yakin ada orang lain yang juga ngeluh akan kehidupannya dan membandingkan dengan kehidupanku.

Mungkin ada yang mikir gini ke aku,
"Enak ya jadi beauty blogger dapet duit"
"Enak ya dapet endorse terus"
"Enak ya ikut komunitas dan dapet barang gratisan mulu"
"Enak ya bisa makan enak mulu"
"Enak ya bisa keterima kuliah di Undip"

Hm. Padahal di balik anggapan itu, ada perjuangan dan kerja keras yang aku lakukan selama sekian lama. Nggak ada yang terjadi dengan instan. Contohnya, masuk UNDIP aja aku harus ditolak berkali-kali dari SNMPTN, SBMPTN, sampe Ujian Mandiri di berbagai universitas.

Emang kalo membandingkan kehidupan kita dengan orang lain itu nggak bakal ada habisnya. Kalo kita iri dengan orang lain, bisa jadi ada orang lain yang iri dengan kehidupan kita saat ini. Banyak-banyak bersyukur dan "menerima". Kehidupan orang itu nggak ada yang mulus, yang kita liat itu cuma baik dan enaknya doang tanpa ngerti gimana usaha dan perjuangan di belakangnya. Kalo ngerasa hidup kita cuma "gitu-gitu aja", mungkin emang belum timingnya atau belum jalannya. Tapi itu bukan jadi alasan untuk males-malesan ya. Kalo kerjaannya cuma rebahan sambil twitteran mah sama aja hidup juga bakal stuck nggak ada kemajuan. Kita harus tetep berusaha dan jangan pernah nyerah.

Yang penting, cintai diri sendiri dulu dan yakinin ke diri sendiri kalo semua akan baik-baik aja. Aku tau ngomong doang mah enak, prakteknya susah. Aku pun masih struggle banget dengan rasa insecure dan kekhawatiran2ku, makanya aku nulis ini siapa tau bermanfaat buat temen-temen yang lagi ngerasa bingung, panik, khawatir sama kehidupannya.

That's all for today, jangan lupa bahagia💗😄

You Might Also Like

1 comments

  1. wah thanks udah sharingg :)boleh dengar sharing saya kak
    http://susahtapigampang.blogspot.com/2020/05/hal-yang-gue-rasakan-saat-ini-di-umur.html

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare