REVIEW : Pengalaman Pakai G Menstrual Cup Indonesia

July 04, 2019


Hai semuanyaaa! Postingan ini bakal panjang, tapi semoga nggak kalian skip bacanya karena ini penting semua infonya dan tiap poin saling berkaitan hehe. Siapa di sini yang kalo pake pembalut, kulit di area miss v jadi iritasi gatel, perih, kadang sampe ngelupas? Nggak cuma itu aja, pake pembalut tuh lembab dan jorok, soalnya kita jadi ngedudukin darah yang mengering dan langsung nempel ke kulit. 

Belum lagi pembalut juga cepet kerasa penuhnya, harus ganti dan buang setiap 4 jam sekali yang mana itu ribet dan nyampah banget, terus mau jalan aja rasanya nggak nyaman takut pembalutnya geser bikin bocor. Ditambah suka muncul bau nggak sedap tiap kali buka pembalut untuk sekedar ganti atau pipis. Tos dulu sini kalo kita punya masalah yang sama. 

Udah bete karena perut sakit dan mood swing, ditambah pake pembalut merk apa aja bikin iritasi. Makin emosi gasih gengs?:") Hal ini terjadi sejak awal aku dapet menstruasi yaitu kelas 2 SMP dan terulang setiap bulannya selama bertahun-tahun. Udah lelah banget dan capek iritasi mulu tiap bulan.

Tahun 2019, aku baru berani coba karena pengguna menstrual cup di Indonesia udah semakin banyak, pilihan menstrual cup juga semakin beragam dari berbagai merk dan harga. Menstrual cup diklaim less waste, nggak menimbulkan iritasi dan bau nggak enak, serta bisa menampung darah menstruasi lebih banyak sehingga gaperlu berkali-kali ganti. 

Menjanjikan banget ga sih klaimnya? Makanya aku tertarik coba karena aku merasa "oh my god ini permasalahanku banget tiap mens, sekarang ada solusi yang bisa ngasi kenyamanan waktu mens"

Kali ini aku mau berbagi pengalamanku menggunakan MENSTRUAL CUP. Di sini aku pake merk G Menstrual Cup, harganya 125k aja sis. Ada 2 ukuran yaitu S untuk perempuan yang belum pernah melahirkan, dan L untuk perempuan yang udah pernah lahiran normal. Aku tentu saja pilih yang S wkwkwk. Untuk ukuran S ini punya volume 20ml.

Menstrual cup ini katanya bisa dipakai sampe 10 tahun, jadi udah jelas lebih ramah lingkungan daripada pake pembalut yang sekali pakai terus buang. Kebayang nggak seberapa banyak sampah yang udah kita tumpuk di bumi gara2 pembalut? Kasian bumi karena sampah makin numpuk hiks. Memang menstrual cup harganya agak mahal, tapi dia bisa tahan sampai 10 tahun. Kalo dihitung dan dibandingin sama beli pembalut tiap bulan, jatuhnya bakal jadi lebih murah kalo pake menstrual cup 😍👌

Oiya, aku udah bikin QnA di instagram dan aku akan reviewnya sambil jawab pertanyaan temen-temen di postingan ini.

1. "MENSTRUAL CUP ITU APA SIH?"

Menstrual cup adalah salah satu produk yang dipakai perempuan saat lagi menstruasi. Sama seperti pembalut dan tampon. Kalo pembalut dan tampon cara kerjanya menyerap darah menstruasi, menstrual cup cara kerjanya menampung darah menstruasi karena dia berbentuk cup. Menscup ini berbahan silicon yang medical grade jadi aman untuk masuk ke dalam tubuh.


G Menstrual Cup sendiri kemasan luarnya berupa jar dari plastik gitu, bukan kantong seperti menstrual cup lain. So far nggak ada masalah sih. Dia teksturnya menurutku in between lah antara soft dan firm. Masih nyaman banget untuk dipakai.

2. "CARA PAKAINYA GIMANA? NYAMAN NGGAK? GANJEL NGGAK? COPOT2 NGGAK SIH?"

Ini banyak bangeeett ditanyain temen-temen hahaha. Kalo pembalut ditempel di celana dalem, kalo menstrual cup dipakenya dengan dimasukkan ke dalem miss v. 

Dimasukin? Ganjel dong?
Wah nggak ganjel sama sekali dong sisteurrrr. I swear sumpah demi apapun. Menscup ini meskipun bentuknya intimidating dan keliatan gede, kalo udah masuk di dalem langsung ga berasa apa2. Pernah aku ke kamar mandi mau ambil wudhu, lupa lagi mens saking nggak berasa apapun pake menstrual cup😂 Nyamaaannn banget nggak risih atau ganjel sama sekali.



Apakah produk ini bakal gampang copot?
Nggak. Kalo sudah di dalem miss v dan udah kebuka sempurna, menscup ini akan ngasi efek vakum/menghisap gitu, jadi nggak mungkin gampang copot karena udah "nempel" di dalem. Bahkan kalau ditarik pun dia juga nggak gampang copot.

3. "PAKENYA SAKIT NGGAK?  MASUKINNYA GIMANA?"

Nah untuk masukinnya, karena menscup ini bentuknya kayak corong, dia harus dilipet dulu sebelum masuk. Kalo nggak dilipet nggak bisa dimasukin donk. Ada berbagai teknik melipat menstrual cup. Untuk favoritku sendiri sih Punch Down Fold karena ujungnya kecil jadi lebih gampang masuk ke miss v. Sebelum masukin si menscupnya, kita perlu cari posisi yang nyaman dan rileks. Bisa duduk di kloset, jongkok, atau ngangkat 1 kaki. Aku sendiri sih merasa paling nyaman masukin menscup sambil jongkok dan kakinya kebuka lebar.

punch down fold (dilihat dari atas)

punch down fold (dilihat dari samping)

Sakit nggak?
Jadi gini. Aku mau cerita dikit deh berdasarkan pengalamanku.

Aku orang yang nggak sexually active jadi semoga postingan ini bisa relate dengan sesama temen2 yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Nah tiba lah waktunya aku mens, langsung excited untuk coba make si menscup ini. Kalo kata adminnya sih, saat lagi mens itu miss v jadi lebih lunak dan licin yang bikin lebih gampang untuk masukin menstrual cup nya. Aku udah nyoba se rileks mungkin, tapi ya namanya pertama kali masukin benda asing ke miss v ya kannn tetep aja takut. Degdegan. Nervous. Tegang.

Dan hasilnya?
Gabisa masuk meskipun aku lagi mens. Aku coba lagi, makin gabisa. Udah panik. Keringet dingin. Degdegan. Makin dipaksa masukin, malah sakit. Mau nangis kenapa kok ini nggak berhasil dan sakit. Kan kata adminnya kalo lagi mens jadi lebih gampang? Kok ini nggak works di aku?

Aku tanya sama temen2 member gcup community. Katanya kalo pemakaian pertama emang WAJAR banget ngerasa kesusahan. Apalagi kalo nggak rileks, karena semakin kita tegang, otot di miss v juga ikut tegang dan menolak dimasuki benda asing. Karena ototnya tegang lah yang bikin proses memasukan menscup ini jadi sakit kalo kita nggak rileks.

Akhirnya setelah pagi nggak berhasil, aku beralih ke pembalut seperti biasanya. Sorenya aku baru coba lagi. Kali ini aku lebih tenang, tarik nafas dulu pelan, terus dikeluarin. Gitu terus. Aku juga sambil nyanyi dalam hati lagunya Twice - Fancy. Terus? BERHASIL DONG. Langsung berhasil karena aku rileks. Sakit nggak? Sakit. Tapi dikiiiittt banget. Nggak sesakit yang pagi tadi. Kalo skala 1 sampe 5, sakitnya cuma di angka 1,5. Aku excited banget bisa berhasil masukin si menscup nya:")

JADIIII pake menscup ini nggak sakit asal otak dan pikiran kita bener2 rileksssss banget. Relax is the key okkk👌
Kalo temen2 nyobain menscup dan belum berhasil karena ngerasa sakit, mungkin karena belum relax dan takut. Coba aja diakalin sambil bayangin hal yang lucu, atau nyanyi, atau apapun. Selain itu, bisa juga dibantu pake pelumas/lubricant biar lebih licin dan proses masukin menscupnya lebih gampang. Lubricant ini biasanya dijual di apotek gitu sih. Untuk aku sendiri nggak perlu lubricant karena aku bisa berhasil masang cukup dengan rileks.

source : http://www.newhealthadvisor.com

4. "MENSTRUAL CUP KAN DIMASUKIN KE MISS V, TERUS KALO MAU BUANG AIR GIMANA? DICOPOT DULU?"

Begini, teman-temanku. Miss v perempuan itu diciptakan dengan 2 lubang berbeda.
source : mayoclinic.org

Lubang yang atas namanya Uretra, fungsinya untuk buang air kecil. Lubang yang bawah namanya lubang vagina, untuk keluarnya darah menstruasi, untuk melahirkan, dan untuk reproduksi. Karena ada 2 lubang dengan fungsi yang beda, jadi menstruasi dan buang air kecil itu beda saluran gais.

Menstrual cup ini dimasukinnya ke lubang vagina, tempat keluarnya darah menstruasi. Jadi kalo mau buang air kecil tetep buang air kecil seperti biasanya, tanpa ngelepas menstrual cupnya karena si menscup ini nggak menghalangi saluran kencing.

5. "INI KAN DIMASUKIN, NANTI KALO ILANG DI DALEM NGGAK BISA KELUAR GIMANA?"

Meskipun cara pakainya dengan dimasukin ke miss v, menstrual cup ini nggak bakal masuk ke dalam tubuh sampe ilang kok. Ada satu titik di mana menscup nggak bisa masuk lebih dalem lagi karena miss v kita ada serviks, yang ukurannya sangat sempit jadi bisa menahan dan mendorong menstrual cup biar nggak masuk ke dalem lalu ilang di dalem tubuh. No no, hal itu nggak akan terjadi kok jadi jangan khawatir menscupnya nggak bisa dikeluarin😘 Hal terburuk yang bisa terjadi saat pake menstrual cup palingan kalo posisinya nggak bener, ntar bakal bocor. Udah itu aja.

source : https://blog.pslove.com/a-beginners-guide-to-menstrual-cups/


6. "CARA NGELUARIN DAN NYUCINYA GIMANA SIH?"

Nah ini simpleeee banget no rempong2 club. Pas sebelum dipakai, menstrual cup ini harus disterilkan dulu dengan direbus di air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Abis selesai masa menstruasi, sebelum disimpan ke tempatnya, juga perlu disterilkan dengan cara yang sama.

Selama menstruasi, kalo menstrual cup udah kerasa penuh, kita cukup keluarin menscup dan buang darah menstruasi ke kloset, lalu ngebersihin menstrual cup dengan dicuci pake air bersih aja. Kalo mau pake sabun juga gapapa tapi sabun yang lembut ya. Untuk ngeluarin menstrual cup dari miss v kita caranya cukup ngeden sedikit sampai kita bisa ngeraih tangkainya, terus cubit bagian bawah menstrual cup untuk ngilangin efek vakumnya biar lebih gampang dikeluarin.

Untuk mensterilkan menstrual cup ini direbus cuma di awal dan di akhir siklus menstruasi aja ya gengs, BUKAN setiap saat selama menstruasi. Simple banget kan? Jangan lupa cuci tangan sebelum masukin menstrual cup nya ya!👌


7. "AKU MASIH PERAWAN, PAKE MENSTRUAL CUP NGERUSAK SELAPUT DARA NGGAK YA? BIKIN NGGAK PERAWAN? CUMA BISA DIPAKE SAMA YANG UDAH NIKAH DOANG?"

Hmmm ngomongin keperawanan ini cukup dianggap tabu di kalangan masyarakat kita ya dan nggak abis2 perdebatannya. Anyway, perawan dan selaput dara itu beda. Perawan diartikan sebagai belum pernah berhubungan seksual atau vagina belum pernah dipenetrasi penis. Bukan karena selaput dara rusak terus jadi nggak perawan. 

Menstrual cup emang ada kemungkinan untuk merusak selaput dara, tapiiiii selaput dara juga bisa rusak karena aktivitas normal lain kayak olahraga, bersepeda, dll. Dengan logika yang sama, masa olahraga, sepedaan, cuma boleh dilakuin sama yang udah nikah? Kan enggaakkk hehe.

Meskipun kita belum nikah / belum pernah berhubungan seksual, kita tetep masih bisa pake menstrual cup kok. Menstrual cup memang cara pakainya dimasukin ke miss v, tapi bukan berarti kita jadi nggak perawan. Kan kita nggak berhubungan seksual sama menscup nya😁 Miss v kita lubangnya sempit dan kecil, tapi muat kok buat masukin menstrual cup karena miss v itu ototnya elastis bangeeeettt.

8. "AKU COBA PERTAMA KALI KOK GANJEL YAAA?"

Yang namanya "pertama kali" mah emang masa2 paling susah. Susah masukin, susah ngepasin, susah nyaman, susah ngeluarin. Kalo ngerasa ganjel mungkin karena posisinya belum pas, atau tangkainya kepanjangan jadi bikin sakit. Kalo punyaku sih tangkainya dah ku potong biar lebih nyaman.

Rasa ganjel dan nggak nyaman bisa jadi karena pertama kalinya tubuh dimasuki benda asing, jadi wajar banget kalo ngerasa ganjel. Pake pembalut juga awalnya ganjel kan? Tapi kalo udah terbiasa juga lama-lama nyaman. Practice makes perfect, girls!😍

9. "UDAH BACA-BACA NIH TAPI MASIH TAKUT NGILU DAN RAGU"

First, kita harus tau badan kita sendiri. Menstrual cup bakal susah cocok buat temen-temen yang untuk mengeksplor badannya sendiri aja nggak mau/malu/menganggap itu tabu. Nggak apa-apa kalo masih ragu. Ini kan cuma pilihan produk yang dipake saat menstruasi. Kalo temen-temen memang nyaman pake pembalut atau tampon ya silakan.

Kalo aku pribadi sih udah nyaman banget pake menstrual cup dan nggak mau balik ke pembalut lagi. Menstrual cup tuh se nyaman itu. No gatel dan perih, no bau, no ribet nyuci lama2, no khawatir takut bocor, dan yang terpenting, no nyampah. Bayangin kalo pake pembalut, tiap hari harus ganti berapa kali, numpuk sampah di bumi dan bikin iritasi huhu nggak tau deh kapan tuh sampah pembalut bisa terurai:") Itung-itung aku juga jadi lebih hemat karena nggak perlu beli pembalut tiap bulan.

Untuk pake menstrual cup ini memang butuh pembiasaan dan bikin kita jadi mengenali tubuh kita sendiri. Practice makes perfect beb👌Rasa takut itu cuma ada di awal doang kok. Kita nggak akan tau sebelum dicoba sendiri.


CONCLUSION

Overall, aku nyaman banget sama menstrual cup dari GCup ini. Se nyaman itu. Akhirnya selama ini keluhanku pake pembalut bisa teratasi yeayyy senang sekalii:") Kalo ditanya milih pembalut atau menstrual cup, sekarang aku udah bisa mengatakan "bye bye pembalut". Udah jelas nggak mau balik pake pembalut lagi karena menscup ini nggak menimbulkan masalah kek pembalut yang selama ini aku pake. Oh ya, buat yang baru hari pertama mens dan pake menscup, bisa ngecek menstrual cup setiap 3 jam sekali buat ngeliat seberapa volume darah menstruasi yang keluar. Biar ke depannya kita bisa tau kapan si menscupnya ini penuh,


That's all for the review. Kalo temen-temen masih ada pertanyaan seputar menscup, bisa tinggalin komen di bawah atau DM instagramku @kaniaarda kalo temen-temen mau nanya lebih lanjut. See you on my next post! ❣️


Love,

Arda K.

You Might Also Like

13 comments

  1. Bermanfaat bgt tulisannya aku lagi cari2 review pake menstrual cup soalnya masih takut padahal aku juga udah beranak pinak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh semoga membantu ya kak. Nggak se menakutkan itu kokk. Kalo punya anak lebih gampang sih harusnya pake menstrual cupnya hihi

      Delete
  2. wuahh seneng banget akhirnya kak arda bahas menscup ini. aku juga lg mempertimbangkan tp emang rada terkendala di minta izin ke ortunya. skrg lagi sedikit-sedikit mengedukasi ortu secara halus mengenai hal-hal yang sering dianggap tabu. doakan salah satu usahaku mengurangi sampah ini bisa rampung segera ya!;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii! Semoga ortu km bisa segera paham yaa. Good luck! ❣️

      Delete
  3. Udah lama penasaran sama menstrual cup karena efektik banget untuk mengurangi waste products, tapi kayanya kalo untuk daily agak ribet yaa.. apalagi kalo mens nya lagi banyak, ganti nya ribet hahaha

    Deborah | Reveriends

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku masih lebih ribet pads biasa sih nyucinya lama, kalo ini tinggal buang isinya dibilas pake air jg langsung bersih tinggal pake lagi hahaha

      Delete
  4. Hai kak, aku juga pakai g cup baru 2 hari ini, kenapa yah kalo mau keluarin g cup nya tuh Susah bgt, malah lebih mudah masukinnya menurutku, bagi tips nya donk, gimana cara ngeluarin g cup biar ga sakit, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicubit dulu gitu bagian bawah cupnya sampe efek vakumnya ilang, terus agak dilipet gitu di dalem, jadi pas keluar ga terlalu besar

      Delete
  5. Hai kak, aku juga pakai g cup baru 2 hari ini, kenapa yah kalo mau keluarin g cup nya tuh Susah bgt, malah lebih mudah masukinnya menurutku, bagi tips nya donk, gimana cara ngeluarin g cup biar ga sakit, makasih

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Aku beli di shopee, cari aja g menstrual cup

      Delete
  7. Hai. Btw kamu udah pernah pakai cup merk lain belum? Kalau sudah apa saja dan lbh nyaman yg mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku belom pernah cobain brand lain sihh baru coba yang gcup ini doangg hehe

      Delete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare